Ponsel dengan Fitur 10X Zoom, Hasil Jepretannya Bikin Takjub

Hasil jepretan Oppo Reno 10X Zoom Edition.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Di tengah-tengah maraknya ponsel pintar atau smartphone berkemampuan fotografi yang mengesankan, belum banyak yang tahu kegunaan dari fitur-fitur yang disediakan vendor smartphone. Salah satunya fitur 10X zoom.

Mobile Photographer and Founder of #EverydayMotret, Aries Lukman, mengatakan bahwa banyak yang tidak menyadari akan kebutuhan fitur ini.

"Setelah beberapa kali gue nge-zoom ternyata kebutuhannya ada. Misalnya, waktu gue hadir di acara anak terus enggak dapat posisi duduk depan, enggak bawa lensa tele. Nah, fitur 10X zoom di ponsel ngebantu banget," katanya di Jakarta, Senin malam, 20 Mei 2019.

Aries mengaku terkesan dengan fitur 10X zoom di perangkat Oppo Reno 10X Zoom Edition. Hal pertama yang dirasakannya adalah tidak menyangka akan kualitas foto yang dihasilkan dari smartphone ini. Kedua adalah hadirnya beberapa lensa yang bisa dieksplorasi sehingga membuat hasrat fotografi menjadi lebih bergejolak.

Menurutnya fitur 10X zoom diperuntukkan untuk semua orang yang tidak ingin kehilangan momen. Sebab, menurut Aries, momen bisa terlewat begitu saja karena ketiadaan lensa yang bisa mengabadikan gambar dan juga karena hanya mengandalkan lensa tunggal yang ada di ponsel.

"Dengan ponsel ini gue enggak perlu lari buat dapetin momen. Oppo Reno 10X Zoom Edition sangat gue rekomendasikan yang tertarik fotografi atau untuk mendokumentasikan hidup," jelas dia.

Selain fitur 10X zoom ada juga lensa wide. Berkat ponsel yang memiliki lensa ini maka fotografer tidak perlu lagi membeli lensa tambahan. Lensa wide menjadi salah satu komponen yang penting sehingga tidak mungkin dilupakan.

Bahkan, distorsi yang dihasilkan tidak terlalu parah dan masih cukup bagus dalam menghasilkan gambar. "Kalau di antara keduanya gue lebih sering menggunakan lensa tele dibanding lensa wide. Fitur 10X zoom gue pakai di mana objek terlalu jauh. Enggak bisa ngandelin lensa wide," ujar Aries.

Oppo Reno 10X Zoom Edition juga dapat berfungsi hingga 60X zoom. Namun, fotografer harus mengandalkan tripod. Menurut Aries semua lensa tele pasti tidak stabil, bukan hanya di ponsel saja. Bahkan, sebagian besar fotografer olahraga memanfaatkan monopod untuk pengambilan gambar yang stabil.

Oppo Reno 10x Zoom Edition hadir sebagai solusi all-in-one pada mobile photography. Ponsel ini menghadirkan kamera utama beresolusi 48MP, kamera sudut lebar 120 derajat serta kamera telefoto dengan pembesaran hingga 10 kali. Sementara kamera selfie membawa resolusi 16MP yang ditanamkan di pivot rising camera.