Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Minggu, 9 Juni 2019 | 19:35 WIB

Dari Indonesia untuk Dunia, Siswi RI Bikin Alat Cek Gula Darah Murah

Team VIVA »
Amal Nur Ngazis
Foto :
  • Twitter/@Google_IDN
Celestine Wenardy, siswi kelas 10 British School Jakarta

VIVA – Penelitian siswi asal Indonesia kembali unjuk gigi di kancah internasional. Riset Celestine Wenardy, siswi kelas 10 British School Jakarta, menjadi finalis dalam ajang Google Science Fair 2019.

Celestine mengembangkan alat pengecek kadar gula darah yang bakal lebih murah dan mudah digunakan. Pengecek kadar gula darah biasanya menggunakan sampel darah dari pasien atau pengguna, namun alat yang dikembangkan Celestine ini, nantinya mengecek kadar gula darah cukup dideteksi dengan suhu tubuh pasien atau pengguna. 

Baca Juga

Melalui penelitian berjudul 'Affordable Noninvasive Continuous Blood Glucose Concentration Monitoring via Interferometry and Thermal Technology', Celestine menggunakan interferometri dan teknologi termal yang digunakan dalam pengukuran konsentrasi glukosa darah. Lalu, berdasarkan resistensi masing-masing resistor dan termistor yang digunakan sebagai indikator, pembacaan konsentrasi glukosa yang akurat dapat diperoleh secara non-invasif dan kontinu dengan metode yang terjangkau.

Topik Terkait
Saksikan Juga
6 Aktivitas Ini Perbesar Risiko Diabetes
LIFESTYLE - lewat 3 tahun lalu
Terpopuler