Google Doodle Rayakan 50 Tahun 'Invasi' Manusia ke Bulan

Google Doodle rayakan 50 tahun misi ke Bulan.
Sumber :
  • Google Doodle

VIVA – Google Doodle resmi memperingati 50 tahun peluncuran misi berawak perdana ke Bulan. Misi yang meluncur pada 16 Juli tersebut adalah Apollo 11 di bawah komando Neil Armstrong, Michael Collins sebagai pilot modul perintah, dan Edwin "Buzz" Aldrin Jr sebagai pilot modul lunar.

Untuk perayaan setengah abad 'invasi' manusia ke luar angkasa, Google bekerja sama dengan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menciptakan video pendek yang bercerita perjalanan salah satu astronaut Apollo 11 Michael Collins ke Bulan.

Saat kamu mengeklik Google Doodle di laman utama pencarian, video pendek yang menampilkan misi Apollo 11 akan berjalan. Dalam video tersebut Collins menceritakan awal peluncuran roket pada Rabu pagi, 16 Juli, sampai ke pendaratan awak Apollo 11 di Samudera Pasifik pada 24 Juli 1969.

Apollo 11 tiba di permukaan Bulan pada 20 Juli, di mana Neil Armstrong mengambil satu langkah kecil dan menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di Bulan pada hari berikutnya.

Diketahui, Armstrong dan Aldrin menghabiskan 21,5 jam di permukaan Bulan. Tempat yang mereka jajaki diberi nama Tranquility Base. Keduanya pun mengumpulkan 21,5 kilogram bahan yang ditemukan di Bulan untuk diteliti di Bumi.

Demi mengulang kesuksesannya, NASA ingin mengirim astronaut kembali ke Bulan pada 2024. NASA juga akan fokus pada penyediaan komersial dan program kru komersial untuk misi barunya ke Bulan.

Ini bukan pertama kalinya Google merayakan momen pendaratan di satelit Bumi itu. Sebelumnya, raksasa teknologi ini membuat Google Doodle soal Apollo 11 untuk peringatan 40 tahun pada 2009. (ase)