Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Senin, 22 Juli 2019 | 12:07 WIB

4 Akun Resmi Info Gempa-Tsunami, Follow Yuk Biar Tak Kena Hoax

Team VIVA »
Alika Noor Kholifah
Eko Priliawito
Foto :
  • Istimewa
Ilustrasi gelombang tsunami

VIVA – Informasi mengenai potensi gempa dan tsunami setinggi 20 meter di daerah Pantai Selatan Jawa membuat warga Cilacap resah. Sejumlah warganet mencuitkan pertanyaan mengenai kabar yang viral tersebut pada BMKG. 

Salah satunya akun Twitter atas nama Sizuka, "Monmaap ini saya warga Cilacap jarak rumah ke pantai cuma 500m aja warga sini semua panik, beberapa sudah ada yg mengungsi," diunggah pada 20 Juli 2019.

Baca Juga

Kabar tentang potensi tsunami besar itu salah satunya dibagikan oleh akun Instagram @makassar.iinfo pada Rabu, 17 Juli 2019. 

Menanggapi beredarnya informasi tersebut, Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, meminta kepada masyarakat agar tak khawatir terkait informasi tsunami karena adanya potensi gempa di Selatan Jawa.

Karena itu, masyarakat Cilacap dan sekitarnya tidak perlu takut. Tapi meski begitu, warga yang berada di pesisir pantai harus tetap mengedepankan sikap waspada.

"Tetapi kami meminta agar masyarakat tidak terlalu takut dan khawatir berlebihan, karena malah membuat tidak produktif dan mengganggu aktivitas kehidupan normal. Apalagi mengungsi, maka tidak perlu dilakukan, karena tidak ada dasar untuk melakukan pengungsian," kata Daryono kepada VIVAnews, Minggu 21 Juli 2019.

Sebagai abdi masyarakat yang aktif di dunia maya, Daryono juga mengunggah pernyataan senada di akun Twitter-nya. 

Topik Terkait
Saksikan Juga
VIDEO: Detik-Detik Mencekam Gempa di Sukabumi
BERITA - 5 bulan lalu
Terpopuler