Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 22 Juli 2019 | 13:59 WIB

Sukses Facebook Tak Lepas dari Tangan Dingin Eks Instruktur Aerobik

Foto :
  • wartaekonomi
Super Woman di Balik Keberhasilan Facebook. (FOTO: Istimewa).

Sosok wanita dalam perusahaan raksasa mulai menunjukkan peningkatan. Sebagai salah satu contohnya adalah Sheryl Sandberg yang memiliki peran penting di Facebook.

Sandberg merupakan chief operating officer (COO) di perusahaan raksasa besutan Mark Zuckerberg tersebut. Ia memiliki tanggung jawab yang besar dalam mengurus serta mengelola operasi bisnis perusahaan dengan fokus khusus pada ekspansi global.

Baca Juga

Selain itu, perempuan berhidung mancung ini juga bertanggung jawab dalam pemasaran, penjualan, pengembangan bisnis dan sumber daya manusia.

Sebelum menjabat peran penting di Facebook, wanita lulusan Harvard University ini memulai kariernya di Bank Dunia yang menjadi asisten peneliti dari kepala ekonom Larry Summers.

Terpopuler

Uniknya lagi sambil berkerja di Bank Dunia, Sandberg sempat-sempatnya menjadi instruktur kelas aerobik untuk menambah pundi-pundi keuangan.

Setelah mendapatkan gelar sarjana, ia ditunjuk oleh Larry Summers sebagai wakil sekretaris selama pemerintahan Presiden Bill Clinton. Ketika Summers beralih jabatan menjadi sekretaris perbendaharaan, Sandberg terus bekerja bersamanya sampai 2001.

Pada tahun itu, Sandberg pindah ke California untuk menjadi wakil presiden penjualan dan operasi online global di Google. Ia ditugaskan untuk mengurusi penjualan iklan dan berbagai produk, termasuk Google Books.

Di Google, Sandberg berhasil mendapatkan reputasi sebagai eksekutif terkemuka di industri teknologi saat itu.

Hingga akhirnya, pada 2008 dirinya bergabung dengan Facebook dan langsung ditunjuk sebagai COO perusahaan media sosial itu. Pada 2012, Sandberg menjadi anggota perempuan pertama sebagai dewan direksi Facebook.

Ia mendapatkan kompensasi yang cukup berharga dari Facebook, Sandberg berhasil menerima saham di Facebook yang membuatnya menjadi miliarder.

Apalagi setelah keberhasilan Facebook melakukan go public (IPO) di tahun yang sama. Sebagai catatan, pada 2018, kekayaan bersih Sandberg menyentuh angka US$1,6 miliar.

Di tahun itu pula, ia berhasil menempati peringkat keempat dalam daftar Forbes Power Women dan peringkat ke-14 di daftar Forbes America Self-Made Women.

Lihat artikel asli
Topik Terkait
Saksikan Juga
Facebook Bersedia Bayar Denda Rp 70 Triliun
TVONE NEWS - 29 hari lalu