Google Doodle Rayakan Hari Anak Nasional

Google Doodle Hari Anak Nasional 2019.
Sumber :
  • Google Doodle

VIVA – Google Doodle ikut merayakan Children’s Day atau Hari Anak Nasional atau HAN di Indonesia, yang digelar tanggal 23 Juli setiap tahunnya, lewat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 Tanggal 19 Juli 1984.

Dalam perayaan ini, seluruh sekolah di Tanah Air menyelenggarakan acara budaya dan pendidikan. Selain itu, Hari Anak Nasional diharapkan bisa menjamin pemenuhan hak anak.

Jaminan ini antara lain hak hidup, hak tumbuh kembang, hak berpartisipasi sesuai harkat dan martabat, serta hak mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Hari Anak Nasional juga diperingati, mengingat bahwa anak-anak Indonesia merupakan aset yang sangat penting dan berharga bagi bangsa.

Sejarah singkat Hari Anak Nasional berawal dari gagasan Presiden RI kedua, Soeharto. Kala itu, ia melihat bahwa anak-anak merupakan aset kemajuan bangsa, sehingga berdasarkan Keputusan Presiden RI No 44 tahun 1984, ditetapkan setiap 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional.

Puncak peringatan Hari Anak Nasional 2019, bakal diadakan di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan hari ini, Selasa 23 Juli 2019. Acara ini bakal dihadiri 6.500 orang dari seluruh Indonesia, dan rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana.

Berbeda dari Hari Anak Nasional di Indonesia, Hari Anak Internasional justru diperingati setiap 1 Juni dan Hari Anak Universal diperingati setiap 20 November. (asp)