Produsen TikTok Bikin Smartphone, Kerja Sama dengan China

Aplikasi TikTok, salah satu anak usaha Bytedance Technology.
Sumber :
  • Yicai Global

VIVA – ByteDance selaku pengembang aplikasi TikTok, telah mengonfirmasi bahwa perusahaannya sedang menggarap bisnis baru. Bekerja sama dengan Smartisan Technology asal Beijing, mereka membuat smartphone

Mengutip laporan Tech Times, Selasa, 30 Juli 2019, ByteDance mengatakan pada Senin kemarin, pihaknya memasuki bisnis smartphone di tengah ekspansi ke sektor-sektor baru di luar aplikasi video.

Perusahaan baru-baru ini mulai berinvestasi di bidang yang tidak terkait langsung dengan media sosial. Pekan lalu, muncul laporan bahwa ByteDance mengakuisisi Jukedeck, startup asal London yang mengembangkan perangkat lunak musik berbasis AI.

TikTok, sejauh ini disebut sebagai aplikasi media sosial yang tumbuh paling cepat hingga mencapai 500 juta pengguna reguler. Aplikasi musik video ini juga menggeser posisi Uber sebagai perusahaan startup swasta terbesar di dunia dengan nilai US$75 miliar.

Seorang juru bicara ByteDance mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa smartphone telah menjadi bagian dari rencana pengembangan Smartisan sebelum kesepakatan dengan ByteDance dibuat.

Smartisan adalah pemain khusus di sektor ponsel pintar Tiongkok. Seperangkat patennya diakuisisi oleh ByteDance awal tahun ini. Beberapa karyawannya juga dipindahkan ke ByteDance.

"Produk itu merupakan kelanjutan dari rencana Smartisan sebelumnya, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan basis pengguna Smartisan lama," kata juru bicara itu. 

Portal berita keuangan Cina Caijing melaporkan pada hari Senin bahwa smartphone garapan ByteDance dan Smartisan telah dalam pengembangan selama tujuh bulan, dalam pimpinan mantan eksekutif Smartisan Wu Dezhou.

Apakah ponsel besutan ByteDance ini akan mampu bersaing di pasar? Tentu kita akan lihat beberapa waktu ke depan. (ren)