Cukup Ngedipin Mata, Lensa Kontak Ini Langsung Membesar

Pakai Kedipan Mata, Lensa Kontak Ini Bisa Langsung Nge-Zoom!. (FOTO: Unsplash).
Sumber :
  • wartaekonomi

Para ilmuwan di Universitas California, San Diego, Amerika Serikat, sedang menguji teknologi baru yang luar biasa, yakni lensa kontak yang memungkinkan penggunanya memperbesar (nge-zoom) dengan hanya berkedip.

Dalam sebuah makalah yang baru-baru ini diterbitkan berjudul ‘Soft Lens Biomimetic C yang dikendalikan oleh sinyal Electrooculographic’, para ilmuwan menjelaskan bagaimana lensa kontak baru ini berbeda dari beberapa lensa kontak yang sebelumnya dikembangkan, yang dikendalikan secara manual atau menggunakan program pra-tulis.

Mereka menggunakan sinyal electrooculographic yang dihasilkan oleh gerakan mata untuk mengontrol pergerakan dan panjang fokus lensa, menjadikannya unik dari yang lainnya.

Lensa dikendalikan melalui elektroda yang meniru otot-otot mata. Lensa kontak prototipe ini memang terlihat seperti sekelompok mikrocip dan kabel yang berantakan.

Akan tetapi hanya masalah waktu saja sampai semua komponen itu bisa menjadi cukup kecil untuk dengan mudah masuk ke bawah kelopak mata manusia.

Para ilmuwan mengatakan bahwa lensa blade runner-esque ini suatu hari nanti berpotensi digunakan dalam prostesis visual, kacamata yang dapat disesuaikan, dan robotika yang dioperasikan dari jarak jauh.