Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 7 Agustus 2019 | 09:32 WIB

Selamat, Alat Cek Gula Darah Murah Siswi Indonesia jadi Juara Dunia

Team VIVA »
Amal Nur Ngazis
Foto :
  • Instagram/@virgingalactic
Celestine Wenardy dengan glukometer

VIVA – Ada kabar bagus untuk dunia penelitian Tanah Air. Siswi 16 tahun asal Indonesia, Celestine Wenardy menjadi salah satu juara dunia dalam kompetisi Google Science Fair 2019. Celestine mencuri perhatian dengan inovasi non invasif dalam pengujian kadar gula darah. Ucapan selamat mengalir kepada Celestine.

Sebagai hadiah, Celestine mendapatkan beasiswa pendidikan US$15 ribu dan penghargaan Virgin Galactic Pioneer Award. 

Baca Juga

Celestine mengembangkan sebuah alat glukometer yang dapat mengukur konsentrasi kadar gula dalam darah tanpa harus melakukan pengambilan sampel darah. 

Alat yang dikembangkan Celestine ini diharapkan dapat menjawab beberapa kendala isu diabetes yang ada di Indonesia karena diklaim lebih murah dari harga glukometer yang ada di pasaran, mudah untuk digunakan, dan dapat digunakan tanpa melakukan pengambilan sampel darah.

Terpopuler

Celestine mengembangkan alat pengecek kadar gula darah yang bakal lebih murah dan mudah digunakan. 

Pengecek kadar gula darah biasanya menggunakan sampel darah dari pasien atau pengguna, namun alat yang dikembangkan Celestine ini, nantinya mengecek kadar gula darah cukup dideteksi dengan suhu tubuh pasien atau pengguna. 

Di ajang Google Science Fair, Google menantang para pelajar untuk menyalurkan rasa ingin tahu dan kecerdasan mereka dalam menemukan, menyusun, atau membangun solusi atas hal-hal yang mereka sukai.

Ribuan pelajar turut berpartisipasi dan akhir pekan lalu kami menyambut 24 finalis dari 14 negara di seluruh dunia ke kantor pusat Google di California untuk mengumumkan para pemenang. Kamu bangga enggak dengan alat cel gula darah buatan Celestine itu?

 

Topik Terkait
Saksikan Juga
20 Capim KPK Jalani Tes Medis di RSPAD Gatot Subroto
TVONE NEWS - 21 menit lalu