Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Rabu, 7 Agustus 2019 | 16:50 WIB

Pakai Lempung, Peneliti Indonesia Sulap Limbah Sawit jadi Bahan Bakar

Team VIVA »
Amal Nur Ngazis
Foto :
  • Dokumen LIPI
Peneliti Pusat Kimia LIPI, Indri Badria Adilina

VIVA – Indonesia memiliki potensi energi biomassa yang besar dari kelapa sawit. Pemanfaatan sawit saat ini sebagian besar masih didominasi industri pangan dan kosmetik  sementara limbahnya sejauh ini baru dimanfaatkan sebagai kompos atau dibakar begitu saja. Di tangan peneliti Indonesia, limbah sawit disulap menjadi bahan bakar, caranya dengan memanfaatkan bahan neutron dan lempung.

Peneliti Pusat Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Indri Badria Adilina, meriset tandan kosong kelapa sawit untuk mendapatkan biofuel di atas 60 persen sebagai bahan bakar kimia cair. Pemrosesannya menggunakan mekanisme termal katalitik .

Baca Juga

“Proses katalis yang kami kembangkan menggunakan properti unik neutron untuk meningkatkan proses konversi dari limbah biomassa kelapa sawit menjadi biofuel yang bernilai tinggi,” ujar Indri. 

Dia mengatakan, neutron membantunya memahami reaksi kimia secara lebih dalam. Katalis yang dikembangkan peneliti bergelar doktor dari Chiba University Jepang ini berbasis material terbarukan dan ketersediaannya berlimpah di alam yakni lempung. 

“Kami telah mematenkan penggunaan lempung dalam pengolahan biofuel. Terdapat berbagai jenis lempung di Indonesia dan yang kami gunakan adalah bentonit,” ujar Indri yang pernah meraih Fellowship LOreal - UNESCO for Women In Science pada 2013.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpapar Corona, Ini Data Tenaga Medis Meninggal Dunia
TVONE NEWS - 3 bulan lalu
Terpopuler