Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Jumat, 9 Agustus 2019 | 07:34 WIB

Ibu Kota Pindah? 4 Teknologi Ini Diperlukan!

Foto :
  • wartaekonomi
Ibu Kota Pindah? 4 Teknologi Ini Diperlukan!. (FOTO: SAP)

Asosiasi Teknologi dan Industri Sekuriti Indonesia (ATISI) menyampaikan dukungan dan rekomendasi teknologi sekuriti terkait dengan rencana pembangunan ibu kota baru Republik Indonesia.

Keamanan berbasis teknologi dibutuhkan di ibu kota baru karena aset dan infrastruktur menjadi sasaran utama penyadapan dan pencurian data, menurut Ketua Umum ATISI, Sanny Suharli.

"Apalagi, peningkatan keamanan siber adalah salah satu dari 25 program prioritas rencana kerja pemerintah RI tahun 2020," kata Sanny dalam keterangan resminya (8/8/2019).

Secara rinci, ada empat rekomendasi teknologi keamanan yang disampaikan oleh ATISI dan para pelaku industri keamanan siber di Indonesia. Keempatnya teknologi itu ialah:

1. Anti-Penyadapan dan Pencurian Data

Baca Juga

Sanny menegaskan, teknologi antipenyadapan dan pencurian data mutlak harus ada dalam sistem keamanan ibu kota baru, khususnya dalam hal pertahanan terhadap celah keamanan (backdoor code).

Mengingat dengan backdoor code, akses ke CCTV dapat diretas tanpa perlu mengetahui kata sandi, sehingga rentan pencurian rekam data denah ruangan maupun aktivitas di infrastruktur strategis.

2. Sistem Keamanan Berlapis

Lihat artikel asli
Topik Terkait
Saksikan Juga
Siapkah PNS Dipaksa Pindah?
TVONE NEWS - 5 bulan lalu
Terpopuler