Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Rabu, 14 Agustus 2019 | 06:10 WIB

Hai Manusia, Belajarlah dari Gajah dalam Melawan Kanker

Team VIVA »
Amal Nur Ngazis
Foto :
  • VIVA/Dani Randi
Induk gajah sumatera dan seekor bayinya yang lahir di Convertation Respon Unit.

VIVA – Kanker menjadi salah satu penyakit mematikan bagi manusia. Dalam upaya melawan kanker, setidaknya manusia perlu berguru pada gajah. 

Tahukah kamu, ternyata gajah memiliki mekanisme unik dalam melawan tumbuhnya kanker. Gajah punya 12 gen khusus pelawan kanker plus tambahan satu gen super pelawan kanker. Sedangkan manusia cuma memiliki satu gen pelawan kanker. 

Baca Juga

Studi ilmuwan pada 2015 telah mengetahui gajah memiliki salinan 20 gen TP53 dalam melawan kanker. Gen TP53 tidak hanya khusus dimiliki gajah saja, sebab riset menunjukkan gen tersebut dimiliki oleh sebagian besar binatang. Gen TP53 diketahui menghasilkan protein yang mendeteksi kerusakan sel DNA dan mengirim sinyal perbaikan sel serta memperbaiki sel yang rusak sehingga tidak berkembang menjadi sel kanker. 

Nah, studi terbaru peneliti dari Juan Manuel Vazquez dari Departemen Genetik Manusia Universitas Chicago, Amerika Serikat beserta dan timnya, menemukan ada tambahan satu gen lagi yang dimiliki gajah dalam mekanisme melawan kanker. Gen yang dimaksud yaitu LIF6. 

Topik Terkait
Saksikan Juga
Cerita Jokowi Ibunda Sudjiatmi Notomihardjo Lawan Kanker
BERITA - 4 bulan lalu
Terpopuler