6 Aplikasi Mobile yang Bisa Ngerjain soal Matematika

Anak paling sebal dengan pelajaran matematika.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Pelajaran matematika seringkali dianggap sebagai mimpi buruk bagi sebagian pelajar. Namun pada era digital saat ini, tidak perlu lagi khawatir untuk mengatasi kerumitan matematika. Dengan mengakses pusat aplikasi mobile Play Store dan App Store, kamu bisa menemukan banyak solusi untuk mengatasinya. 

Dikutip dari situs Life Hacker, Kamis 15 Agustus 2019, setidaknya ada enam aplikasi yang direkomendasikan. Aplikasi matematika ini bukan hanya seperti kalkulator, tapi ada juga yang bisa memecahkan soal matematika yang ada di dalam buku. 

MyScript Calculator 2

Aplikasi yang satu ini bisa kamu dapatkan di iOS dan Android dan dikenakan biaya US$3 atau Rp42 ribu. Kamu tinggal masukan saja soal yang tidak bisa dijawab, maka aplikasi akan bekerja. Aplikasi ini mendukung matematika dengan kurikulum aritmatika, trigonometri, logaritma, dan konstanta seperti pi.

Soulver

Soulver hanya tersedia untuk pengguna iOS dengan biaya US$3 atau Rp42 ribu dan macOS dengan harga US$9 atau Rp128 ribu. Aplikasi ini mendukung matematika dengan teori aritmatika, variabel aljabar, dan konversi mata uang. 

Calc+

Aplikasi Android ini disediakan gratis untuk pengguna. Katanya sih bisa memecahkan matematika aritmatika. Hasil hitungnya bisa disimpan atau diekspor ke aplikasi catatan. 

Advanced Math

Nah, untuk yang satu ini tersedia untuk pengguna iOS dan Android secara gratis. Cara menggunakannya bisa dimasukkan langsung tugasnya ke aplikasi atau tinggal difoto saja soalnya. Aplikasi memiliki dukungan untuk aritmatika, aljabar, trigonometri, kalkulus, dan grafik. 

Auto Math

Aplikasi ini punya cara kerja yang sama dengan Advanced Math, bedanya Auto Math masih mengandung iklan. Ketik atau potret soal matematika untuk dipecahkan, kemudian lihat langkah-langkah pemecahannya.

Wolfram Alpha

Aplikasi ini bisa digunakan untuk Android, iOS dan Windows dengan biaya langganan US$7 per bulan atau Rp100 ribu. Pengguna yang menggunakan aplikasi ini tidak hanya terbantu untuk mendapat hasil akhir, mereka juga akan tahu langkah demi langkah untuk menyelesaikannya.

Itu dia enam aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk membantu mengerjakan soal matematika yang sulit. Tapi perlu diingat, kalian tidak boleh terlalu bergantung dengan aplikasi, belajar tetap menjadi hal yang wajib. Bagaimana kamu tertarik mencobanya?