6 Ramalan Bos Teknologi Silicon Valley, Semuanya Jadi Kenyataan

Steve Jobs dan Bill Gates.
Sumber :
  • Time Magazine

VIVA – Bos-bos teknologi besar dari Silicon Valley pernah membuat ramalan sebelum zaman milenium datang. Seperti keajaiban, prediksi mereka menjadi kenyataan sampai sekarang. Dilansir dari laman Business Insider, Senin 19 Agustus 2019, berikut 6 prediksi yang dibuat oleh Steve Jobs dan Bill Gates sebelum pergantian abad. 

Siri

Sekitar 1984, Kepala Eksekutif Apple, Steve Jobs pernah memprediksi tahapan selanjutnya dari komputer. Dia mengatakan di masa depan komputer bakal berperan sebagai agen. Berbicara kepada majalah Access Newsweek, dia mengatakan ada asisten kecil dalam perangkat komputasi yang mulai mengantisipasi apa yang diinginkan pengguna. 

Prediksi itu terwujud sekarang dengan dirilisnya iPhone pada 2007 dan asisten digital Siri pada 2010. 

Tesla

Tesla juga pernah diramalkan Jobs beberapa tahun lalu. Pada 1996, dia mengatakan di masa depan diler mobil akan hadir tanpa inventaris. 

Pada 2008, Tesla telah membuka showroom pertamanya di Los Angeles, Amerika Serikat. Toko mereka hadir dengan sedikit mobil dan pembeli bisa memesan khusus produk dengan penjual atau secara online

Baca juga: Mau Bikin Startup? Nih Menteri Sri Mulyani Buka Rahasianya

Layanan cloud

Pada 1996, Jobs memprediksi adanya tempat penyimpanan file di internet. Kala itu, dia mengatakan tidak menyimpan apa pun lagi dan mengatakan nantinya di masa depan harus menggunakan banyak email dan web untuk tidak perlu mengelola penyimpanan. 

Sekitar 15 tahun setelahnya, Apple meluncurkan layanan iCloud. Selain itu terdapat layanan seperti Google Drive dan Dropbox. 

Kamera keamanan

Pendiri Microsoft, Bill Gates pada 1999 memprediksi bakal ada video secara konstan dari rumah yang memberitahu ada orang yang mengunjungi saat rumah kosong. 

Saat ini, Amazon telah memiliki kamera keamanan bel pintu. Produk ini sedang diadopsi secara luas di Amerika Serikat. 

Media sosial 

Pada 1999, Gates juga memprediksi perangkat dengan smart advertising. Produk akan mengetahui saat membeli sesuatu dan menunjukkan iklan yang merujuk pada pilihan penggunanya. 

Hingga hari ini, banyak yang percaya media sosial seperti Facebook dan Instagram mendengarkan pengguna dari smartphonenya. Mereka akan menyuguhkan iklan dari sana. 

Linkedin

Linkedin sudah diprediksi keberadaannya pada 20 tahun lalu oleh Gates. Dia mengatakan orang-orang akan bisa menemukan daftar pekerjaannya secara online

Pengguna internet akan memasukkan kesukaan, keinginan dan keahlian yang dimiliki pada sebuah platform.