6 Fakta Kuskus, Hewan Khas Papua Dibilang Mirip Monyet

Kuskus
Sumber :
  • Instagram/@kirill_ja

VIVA – Media sosial Twitter diramaikan dengan topik Papua yang menjadi trending topic nomor satu pada Senin siang 19 Agustus 2019. Isu ini memanas karena diduga adanya tindakan rasis kepada mahasiswa Papua di Jawa Timur.  Terpicu dengan insiden di Jawa Timur, kerusuhan pecah di Manokwari, Papua Barat. Sampai-sampai terjadi pembakaran Gedung DPRD Manokwari.

Papua merupakan pulau yang ada di ujung timur Indonesia. Pulau itu juga menyimpan banyak keanekaragaman hayati lho, apa saja yang kami ketahui coba? Apakah kamu tahu tentang hewan khas Papua, kuskus? Hewan ini dibilang mirip monyet padahal bukan loh.

Nah berikut ini fakta-fakta kuskus dilansir dari laman Soft Schools:

Kuskus hewan khas Papua Nugini 

Mamalia ini juga khas di Australia. Setidaknya ada 23 spesies kuskus, yang mana seluruhnya berbeda dalam hal ukuran, warna dan habitat. Binatang itu dapat bertahan hidup di ekosistem hutan hujan tropis, hutan bakau dan hutan eukaliptus khas Australia, yang ketinggiannya mencapai 3.900 kaki.

Bisa terancam punah

Jumlah mereka masih besar, tapi masih ada ancaman kepunahan karena hilangnya habitat akibat dirusak dan adanya perburuan. Tapi untuk saat ini kuskus belum masuk dalam daftar binatang yang terancam punah.

Pola bintik-bintik

Kuskus merupakan hewan dengan panjang 14 sampai 26 inci dengan berat 3,3 sampai 14 pon. Binatang ini memiliki bulu yang tebal dengan jenis warna hitam, cokelat, putih, atau abu-abu. Bulunya memiliki pola bintik-bintik dan akan berubah seiring bertambahnya usia.

Kepala bulat

Hewan ini memiliki kepala bulat dengan telinga yang kecil dan mata bulat besar. Matanya ada yang oranye, merah atau kuning dan bisa melihat di malam hari.

Hidup di pohon

Mereka hidup di atas pohon dan disebut bisa bertahan hidup di sana. Alasannya karena mereka bisa mendapat banyak makanan di pohon serta memanfaatkan pohon sebagai tempat bersembunyi dari predator. Kuskus juga memiliki cengkeraman yang kuat pada jari-jarinya, yang juga berfungsi untuk memanjat pohon.

Baca juga: Bela Ustaz Abdul Somad Trending, Ada Yang Kasih Perintah

Bukan monyet

Kuskus sering disebut berkerabat dengan monyet karena memiliki kesamaan penampilan dan gerakan, tapi faktanya bukan demikian. Kerabat terdekatnya adalah opossum. Hewan ini aktif di malam hari dan beristirahat di siang hari. Hewan ini jarang sekali bisa terlihat di alam liar karena sifatnya yang pemalu. Nah sekarang kamu sudah tahu ya kaskus adalah hewan khas Papua, jangan lupa ya!