Mengenal Area 51, Kawasan Spionase Paling Rahasia di Dunia

- Getty Images
Sumber :
  • bbc

Dua kota kecil di Amerika Serikat, Rachel dan Hiko, yang berdekatan dengan fasilitas rahasia Area 51 sedang bersiap kebanjiran pengunjung.

Agenda ajakan serbuan ke Area 51 yang viral di Facebook, akan dilaksanakan pada 20 September - kendati pengguna Facebook yang membuat agenda tersebut mengatakan bahwa ide serbuan itu adalah gurauan belaka. Jadi, apa itu Area 51?

Apa yang kita ketahui tentang Area 51?

Area 51 merujuk pada lokasi di peta dan nama populer pangkalan Angkatan Udara Amerika Serikat. Pangkalan ini berlokasi di Danau Groom, danau kering di gurun Nevada, sekitar 135 kilometer di sebelah utara Las Vegas.

Apa yang terjadi di dalamnya sangat rahasia. Masyarakat umum tidak diperkenankan mendekat. Banyak tanda peringatan, pengawasan elektronik dan penjaga bersenjata.

Terbang melintasi Area 51 juga dilarang, meski pun lokasi ini sekarang dapat dilihat pada gambar satelit. Pangkalan militer ini memiliki landasan pacu sepanjang 3,7 km.


Beberapa pengusaha lokal di kota kecil Rachel telah menyambut baik keterkaitan Area 51 dengan mitos alien - Getty Images

Fasilitas ini terletak di dua area militer rahasia lainnya: Nevada Test Site, tempat AS melakukan uji coba senjata nuklir sejak 1950-an hingga 1990-an serta Nevada Test and Training Range.

Seluruh kawasan ini melingkupi lahan seluas 2,9 juta hektare.

Menurut militer AS, tempat itu mewakili "ruang pertempuran yang fleksibel, realistis, dan multidimensi untuk melakukan pengembangan pengujian taktis, dan pelatihan lanjutan".

Mengapa area itu dibangun?

Area 51 dibangun pada era Perang Dingin antara AS dan Uni Soviet, sebagai fasilitas untuk menguji dan mengembangkan pesawat, termasuk pesawat U-2 dan SR-71 Blackbird

Meski fasilitas itu dibuka pada 1955, keberadaanya baru secara resmi diakui oleh badan intelijen CIA pada Agustus 2013.

Empat bulan setelah pengungkapan oleh CIA, Presiden AS kala itu, Barack Obama, menjadi presiden pertama AS yang mengungkap Area 51 kepada publik.


Rachel dan Hiko adalah dua kota terdekat dengan pangkalan Area 51. - BBC

Apa yang terjadi di sana hari ini?

Meskipun informasi resmi tentang Area 51 sangat minim, diyakini bahwa militer AS terus menggunakan Area 51 untuk mengembangkan pesawat mutakhir.

Sekitar 1.500 orang diyakini bekerja di sana, banyak yang bepergian dengan pesawat sewaan dari Las Vegas.

Annie Jacobsen, yang telah menulis tentang sejarah Area 51, mengatakan kepada BBC bahwa beberapa program spionase paling canggih di dunia ada di lokasi tersebut.

"Area 51 adalah fasilitas tes dan pelatihan. Penelitian dimulai dengan pesawat mata-mata U-2 pada 1950-an dan sekarang telah beralih ke drone", katanya.

Apakah ada alien dan UFO di Area 51?

Rahasia yang menyelimuti Area 51 telah memantik banyak teori konspirasi.

Yang paling terkenal adalah klaim bahwa di pangkalan militer itu terdapat pesawat luar angkasa dan alien sebagai pilotnya, setelah pesawat itu jatuh di Roswell, Negara Bagian New Mexico, pada 1947.

Pemerintah AS menegaskan tidak ada alien dan pesawat yang dimaksud jatuh adalah balon cuaca.

Klaim lain adalah beberapa orang melihat adanya UFO di atas dan di dekat situs itu, sementara lainnya mengaku telah diculik oleh alien dan bahkan menjadi objek eksperimen, sebelum akhirnya dikembalikan ke Bumi.


Area 51 beberapa kali dikisahkan di film sains fiksi, seperti The X-Files - Getty Images

Dan, pada 1989, seorang pria bernama Robert Lazart mengklaim bahwa dia pernah bekerja di pusat teknologi alien di dalam Area 51.

Dia mengklaim telah melihat beberapa foto medis dari alien tersebut dan menyebut bahwa pemerintah menggunakan fasilitas itu untuk memeriksa UFO.

Keterkaitan Area 51 dengan alien telah berfungsi sebagai pengalihan isu yang berguna bagi badan intelijen.

"Pada awal 1950 CIA mengembangkan kantor UFO untuk menangani penampakan benda terbang tak dikenal di Nevada. Ketika orang pertama kali melihat pesawat mata-mata U-2 terbang, tidak ada yang tahu apa yang mereka lihat," kata Jacobsen.

"CIA menggunakan disinformasi itu untuk keuntungan mereka dengan mengembangkan mitologi alien."

Apa yang terjadi jika orang-orang `menyerbu` Area 51?

Matty Roberts, 20 tahun, menciptakan agenda di Facebook dengan menuliskan "kita bisa bergerak lebih cepat daripada peluru mereka. Mari kita lihat alien."

Dua juta orang memastikan mereka "datang", meskipun tautan tentang acara itu sudah dihapus karena ketakukan akan "potensi bencana".


Pesawat tempur F-117 Stealth melakukan penerbangan perdananya dari Area 51 pada tahun 1981 - Getty Images

Tanda peringatan di sekitar Area 51 jelas-jelas menyebut bahwa tidak ada penyusup yang akan ditoleransi.

Angkatan Udara AS memperingatkan bahwa Area 51 "adalah area pelatihan terbuka untuk Angkatan Udara AS, dan kami akan mencegah siapa pun yang mencoba datang ke kawasan tempat kami melatih angkatan bersenjata Amerika.

"Angkatan Udara AS selalu siap melindungi Amerika dan asetnya."