Kejutan! Microsoft Rilis Smartphone Lipat Surface Duo

Smartphone layar lipat Surface Duo besutan Microsoft
Sumber :
  • Twitter/@SuperSaf

VIVA – Tren smartphone dengan layar lipat menjadi gacoan baru sejumlah raksasa teknologi dunia. Salah satu yang ikut merilis produk jenis tersebut yaitu Microsoft, yang turut memperkenalkan produk lipat itu. 

Perusahaan itu memperkenalkan smartphone lipat Surface Duo. Smartphone ini menjalankan sistem operasi Android seperti dilansir The Verge, Kamis 3 Oktober 2019. 

Desain Surface Duo mirip dengan laptop dua layar yang baru saja diumumkan oleh Microsoft, Surface Neo. Namun, bedanya Surface Duo berukuran jauh lebih kecil.

Surface Duo tampil dengan layar 5,6 inci yang bisa berotasi 360 derajat. Jika dibuka, layar akan berukuran seperti miniatur tablet 8,3 inci. 

Tiap layarnya bisa menjalankan dua aplikasi yang berbeda sekaligus. Surface Duo mampu mengubah menjadi mode lanskap, membuat layar kedua berubah menjadi keyboard atau game controller. Tampilan antarmuka Android pada Surface Duo mirip dengan sistem operasi Windows 10x yang dijalankan pada Surface Neo. 

Menurut laman Wired, untuk dapur pacunya Surface Duo ditenagai prosesor Snapdragon 855. Namun elemen desainnya belum selesai, seperti bagaimana penampilan kamera belakangnya.

Dalam pengumuman rangkaian produk anyar, Chief Product Officer Microsoft, Panos Panay enggan menyebutkan Surface Duo sebagai ponsel. Namun perkenalan Surface Duo seperti comeback perusahaan pada industri smartphone. Microsoft terakhir memiliki lini smartphone pada 2017 dengan Windows Phone.