Profil Menkominfo Johnny G. Plate, dari Pengusaha ke Politik

Johnny G Plate di Istana Kepresidenan Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp.

VIVA – Presiden Joko Widodo mengumumkan kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu 23 Oktober 2019. 

Untuk posisi bidang telekomunikasi dan informatika, Jokowi menunjuk Johnny G. Plate sebagai Menteri Komunikasi dan Informatikaa. Johnny bakal menggantikan Rudiantara, Menkominfo kabinet Jokowi periode 2014-2019. 

Johnny G. Plate merupakan sosok pengusaha yang kemudian berlabuh di bidang politik. Di bidang politik Johnny menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai Nasdem sejak 2017. 

Johnny berhasil duduk di Senayan periode 2014-2019 dari daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pria yang akrab disapa Johnny ini lahir di Ruteng Manggarai, Flores pada 10 September 1956. Sebelum aktif di ranah politik, ia adalah seorang pengusaha. 

Ia memulai bisnisnya pada awal 1980-an di bidang alat-alat kebutuhan perkebunan. Saat itu sedang marak pembukaan perkebunan di Kalimantan dan Papua.

Sukses di alat pertanian, lulusan S1 Universitas Katolik Atma Jaya ini bersama koleganya memperluas  bisnisnya ke dunia transportasi penerbangan. Ia sempat menjadi bagian dari bisnis Air Asia. 

Beberapa riwayat yaitu Komisaris PT. Indonesia AIr Asia (2005-sekarang), Komisaris PT. Mandosawu Putratama Sakti (properti) (2006-sekarang), Komisaris Utama PT. Aryan Indonesia (Kidzania) (2007-sekarang) dan Direktur Utama Bima Palma Group (kelapa sawit) (2006-2013), Direktur Utama PT. Air Asia Investama.

Sukses sebagai pengusaha, mantan aktivis Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) ini kemudian tertarik ke panggung politik.

Kiprah politiknya ditandai saat ia bergabung dengan Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI). Ia sempat dipercaya sebagai Ketua Mahkamah PKDI hingga 2013. Setelah itu, Johnny hijrah ke Partai Nasdem.

Pada Pemilu 2014, suami Maria Ana ini lolos ke Senayan. Ia duduk di Komisi XI membidangi keuangan, perencanaan pembangunan nasional, perbankan, dan lembaga keuangan bukan bank di DPR RI untuk periode 2014-2019.

Tak hanya itu, ayah tiga anak ini juga mendapat kepercayaan sebagai Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) XI, anggota Badan Anggaran, dan anggota Badan Musyawarah DPR RI, hingga Ketua Departemen Energi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup DPP Nasdem. Dan kemudian ditunjuk menjadi Sekretaris Jenderal Partai Nasdem.