Hobi Merokok dan Minum Alkohol? Awas 30 Kali Berisiko Kena Kanker

Ilustrasi penyakit kanker.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tahu enggak sih perokok yang juga minum alkohol, ternyata 30 kali lebih mungkin terkena risiko kanker mulut atau tenggorokan lho, daripada mereka yang hanya merokok atau minum alkohol saja.

Dilansir dari laman Mirror, Senin 28 Oktober 2019, Scottish Health Action on Alcohol Problem (Shaap) tengah menyoroti hubungan antara konsumsi alkohol dan kanker. Hasil penelitian mereka menyarankan staf medis dan pasien untuk mengurangi risiko dan menemukan gejala membahayakan tersebut. Masih mau merokok dan minum alhokol?

Laporan tersebut mengacu pada penelitian tentang hubungan antara alkohol dan merokok. Mereka yang menikmati keduanya memiliki peningkatan risiko berbagai kanker yakni bibir, mulut, faring, laring dan kerongkongan.

"Ini adalah sumber yang fantastis untuk semua kolega kesehatan dan saya mendorong semua orang untuk menggunakannya saat mereka melakukan interaksi dengan pasien," kata Kepala Medis Skotlandia Catherine Calderwood saat menerima panduan.

Ia menuturkan, sebelumnya hubungan antara alkohol dengan kanker belum banyak diketahui. Dengan adanya laporan ini, inisiatif untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker dan alkohol sangat penting bagi masyarakat.

"Pengetahuan terus maju dan kami senang memublikasikan laporan ini. Banyak dari masyarakat yang ingin mengurangi risiko kanker dan laporan ini akan membantu itu terjadi," kata Ketua Shaap, Peter Rice.

Baca juga yuk: Cuaca Panas Sebab Ribuan Anak di Bekasi Kena ISPA

Penelitian juga mengatakan, minum alkohol dapat mengganggu mereka yang tengah pulih dari kanker, termasuk mengganggu kerja dari obat kemoterapi.

Laporan ini menunjukkan, orang yang minum alkohol lebih dari lima unit botol per minggu, lebih mungkin berisiko terkena kanker payudara.