Vanessa Angel Jalani Pemeriksaan Kanker Serviks

Vanessa Angel mengikuti sosialisasi cegah kanker serviks.
Sumber :
  • Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Aktris Vanessa Angelia Adzan alias Vanessa Angel menjadi bintang dalam peringatan Hari Kartini, di Rumah Tahanan Perempuan Kelas IIA Surabaya di Medaeng, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu siang, 13 April 2019.

Kendati di dalam rutan, suasana sedih seakan tak terlihat saat acara dilaksanakan, terganti nuansa ceria dan riang gembira. Bekerja sama dengan Fatma Foundation, Rutan Medaeng memoles peringatan Hari Kartini dengan sosialisasi pencegahan kanker serviks.

Tidak hanya paparan tentang kanker dan pencegahannya, acara juga diisi dengan pemeriksaan kesehatan kepada para warga binaan. Sosialisasi didampingi langsung oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi, dr Ananto Sidoutomo, SpOG. 

Sebelum pengarahan, sebanyak lima tahanan perempuan mengikuti pemeriksaan pap smear di bus khusus. Satu di antara warga binaan yang dites ialah Vanessa Angel.

Tes itu dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya masalah pada serviks atau leher rahim wanita, yang mengarah pada kanker serviks. Pemeriksaan organ intim wanita itu gratis sebagai bagian dari pemeriksaan lebih lanjut. Tes semacam itu akan dilakukan terhadap seluruh WBP secara periodik dan berkala.

Ketua Yayasan Fatma Foundation, Fatma Saifulah Yusuf, menyampaikan pentingnya pencegahan dini kanker serviks bagi perempuan. Menurutnya, masih banyak kaum wanita yang awam soal hal tersebut.

"Faktor kebersihan dan higienisitas lingkungan, sangat berpengaruh terhadap penyebaran sel-sel kanker," kata istri mantan Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul itu. (ase)