Serunya Mengitari Kawasan Mangrove di Lombok dengan Perahu

Kawasan Mangrove di Kecamatan Lembar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.
Sumber :

VIVA – Kawasan Wisata Mangrove di Kecamatan Lembar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, menyimpan banyak keindahan.

Kawasan tersebut sangat tepat untuk melepas penat dan stres akibat aktivitas sehari-hari. Kita dapat menikmati keindahan mangrove di sepanjang kawasan tersebut.

Untuk melihat seluruh mangrove, kita dapat menyewa perahu mesin Rp40 ribu untuk tiga penumpang. Kita akan dibawa jalan-jalan menggunakan perahu mengelilingi kawasan mangrove.

Pengemudi perahu nantinya akan menghentikan perahunya di ujung kawasan tersebut. Tapi tenang saja, bukan berarti perahu tersebut sedang mati mesin. Pengemudi perahu sengaja memberikan kita momen untuk berswafoto berlatar mangrove yang indah. Bahkan, pengemudi perahu secara langsung membantu kita mengambil foto dengan kepiawaiannya memotret.

Sepanjang perjalanan menggunakan perahu mengitari mangrove, kita menemukan banyak nelayan tengah mencari kerang di pesisir kawasan tersebut. Kawasan wisata mangrove memang terdapat banyak kerang. Kerang tersebut akan dijual nelayan di pasar.

Tak hanya berkeliling menggunakan perahu, pengunjung juga dapat berswafoto di jembatan kayu yang mengelilingi kawasan tersebut. Spot mangrove dan matahari sore menjadi momen yang baik untuk berswafoto.

Masih Butuh Perhatian

Namun sayangnya, jembatan kayu yang menjadi primadona di kawasan tersebut mulai rapuh pasca gempa Lombok. Pantauan media ini, Minggu, 2 Juni 2019 kemarin, saat  mencoba melintas di jembatan, terasa bunyi kayu yang lapuk nyaris ambruk. Harus fokus dan hati-hati melintasi jembatan.

Bahayanya lagi, pondasi atau pilar pada jembatan sudah mulai goyang. Pilar dari kayu tersebut nyaris patah. Sehingga harus dibutuhkan perhatian lebih pemerintah untuk memperbaiki jembatan kayu di kawasan wisata ini. (mus)