Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Minggu, 25 Agustus 2019 | 07:42 WIB

4 Tempat Makan di Solo Rekomendasi Jokowi

Team VIVA »
Yunisa Herawati
Sumiyati
Foto :
  • YouTube
Sate kambing Ibu Hj Bejo

VIVA – Solo, Jawa Tengah merupakan kampung halaman dari Presiden Jokowi. Tidak heran, jika ia sangat menyukai dan paham betul soa kuliner apa saja yang sekiranya lezat di sana.

Melalui akun YouTube yang menyematkan tagar #JKWKULINER, Jokowi membocorkan empat tempat makan di Solo yang bisa menggugah selera. Buat kamu yang berencana mengunjungi atau berlibur ke Solo, berikut daftarnya, dilansir Minggu 25 Agustus 2019:

Baca Juga

Sate Kambing Bu Hj Bejo

Tempat makan satu ini menyediakan sate daging, sate buntel, tongseng tengkleng, tongseng biasa, dan gulai. Uniknya, sang pemilik mengaku, bumbu seperti bawang-bawangan menggunakan bahan biasa.

Terpopuler

Baca juga: Permainan Ini Cocok untuk Anak Autis Seperti Putra Dian Sastrowardoyo

Tempat makan yang terkenal dengan sebutan Sate Pak Presiden ini berada di Kampung Lojiwetan, Solo, Jawa Tengah.

Rumah Makan Adem Ayem

Rekomendasi tempat makan kedua Jokowi di Solo, adalah Rumah Makan Adem Ayem. Rumah makan ini sudah dibuka sejak 1969 lho, jadi usianya sudah 50 tahun.

Sang pemilik, Emmy Lies Rosmijati, ikut turun tangan dalam hal pengolahan rasa, dan kerap menemui pelanggan untuk menanyakan, kira-kira apa yang kurang dari masakannya.

Menu utama yang ada di rumah makan ini, antara lain nasi gudeg Adem Ayem, ayam goreng, timlo, rawon, soto, bakmi goreng, dan nasi gudeg istimewa. Lokasinya berada di Jalan Slamet Riyadi nomor 340-342.

Timlo Maestro

Timlo Maestro merupakan sejenis sup ayam, namun campurannya dimodifikasi. Isiannya ada empat macam, yaitu telur kecap, bebek kecap, sosis, dan ampela ati ayam. Timlo Maestro memiliki keunikan tersendiri, yaitu sosisnya yang terbuat dari tepung terigu.

Bumbunya berasal dari resep keluarga, yang sudah turun-temurun. Hal itu yang membuat orang kembali lagi ke tempat makan ini. Menu kesukaan dari Pak Jokowi, adalah telur dan sosis. Timlo Maestro berada di Jalan Raya Grogol nomor 174.

Gudeg Mbak Yus

Beberapa menu yang bisa kamu coba di sini, antara lain bubur, ketan, lontong, ceker pedas, ceker manis, dan tentu saja gudeg. Menurut sang pemilik, Yustina, gudegnya berbeda dari yang lain, karena menggunakan tahu yang digoreng tipis seperti karak (kerupuk).

Kalau kamu ingin makan di Gudeg Mbak Yus, tempat makan ini hanya buka selama tiga jam, mulai dari pukul 23.00. Letaknya ada di Pasar Pon, di Jalan Kartini, depan toko obat Jempol.

Topik Terkait