Menguak Keajaiban Yogurt, Sehatkan Kulit Hingga Rambut

Yogurt.
Sumber :
  • Pixabay/ponce_photography

VIVA – Yogurt bukan hanya baik untuk sistem pencernaan, melainkan juga ampuh untuk menyehatkan kulit dan rambut. Ya, yogurt juga bisa digunakan untuk merawat kecantikan. Yogurt akan membuat kulit dan rambut halus lebih alami.

Dilansir dari laman The Health Site, Kamis, 16 Agustus 2018, yogurt memang merupakan salah satu makanan probiotik yang mampu memberi kesehatan pada tubuh, seperti usus dan organ pencernaan lainnya. Namun, yogurt juga tak kalah bermanfaat untuk kulit hingga rambut.

Berikut adalah beberapa manfaat baik yogurt untuk kecantikan yang patut Anda ketahui.

1. Memberi kelembapan alami kulit

Aplikasikan yogurt secara topikal atau di atas kulit untuk menambah elastisitas kulit serta membuat kulit tampak bercahaya. Campuran yogurt dengan bahan lainnya bisa memberi kelembutan dan kekenyalan yang tepat pada kulit.

Anda juga bisa membuat masker wajah yogurt dengan bahan 2 sendok makan yogurt, 2 sdm bubuk cocoa, dan 1 sdm madu. Bilas dengan air dingin setelahnya.

2. Cegah keriput

Penuaan merupakan proses yang alami terjadi. Meski tak bisa dicegah, Anda bisa memperlambat proses tersebut dengan menambah yogurt pada produk perawatan kulit.

Dengan kandungan lactic acid, yogurt akan membantu pengelupasan sel kulit mati lebih cepat. Buat kombinasi dari 2 sdm yogurt dan 1 sdm gandum. Campuran keduanya bisa diusapkan ke wajah.

3. Sembuhkan jerawat

Ambil kapas bulat dan celupkan ke dalam yogurt kemudian tepuk-tepuk pada area yang berjerawat. Lalu bilas dengan air bersih setelahnya.

4. Minimalisir rambur rontok

Kekurangan nutrisi bisa membuat rambut rontok. Karena yogurt mengandung vitamin B5 dan D, itu bisa menjadi senjata perlindungan bagi folikel rambut.

5. Lawan ketombe

Yogurt memiliki kandungan antifungal atau antijamur. Maka, gunakan yogurt di kulit kepala, kemudian bilas dengan air, lalu cuci dengan sampo untuk perlindungan lebih maksimal.