Banyak Cara Membersihkan Wajah, Mana yang Paling Benar?

Ilustrasi perawatan wajah
Sumber :
  • Pixabay/Chezt beate

VIVA – Pekerjaan yang menumpuk, aktivitas padat, dan kemacetan jalan, membuat tubuh semakin lelah, menjadikan orang malas membersihkan wajah dan memilih langsung tidur saat pulang ke rumah.

Siapa sangka, mengabaikan membersihkan wajah sehari saja membuat pori-pori kulit wajah tersumbat, menyebabkan jerawat dan bahkan dapat mempercepat penuaan dini.

Bagi Anda yang tak ingin mengalami ketiga masalah tersebut, sebaiknya melakukan beberapa langkah ampuh membersihkan wajah, apalagi usai menjalani aktivitas di luar ruangan.

Lantas bagaimana cara terbaik membersihkan wajah, apakah baik menggunakan foam, cleanser atau wipes (tisu basah)? Dr. Maria Charlotte selaku dokter spesialis kecantikan dan estetika memberikan solusi untuk Anda.

"Sebenarnya beda ya, kembali ke jenis kulit dan aktivitas. Kalau lagi liburan enggak apa-apa pakai wipes. Sebenarnya gini, setelah dibersihkan lagi dengan facial wash harusnya aman," kata Maria saat berbincang dengan VIVA, baru-baru ini.

"Hanya saja semua memang tergantung kulit masing-masing dan iklim. Mungkin kalau lagi liburan sama lagi di Jakarta beda cara membersihkannya. Mereka (foam, cleanser dan wipes) saling melengkapi. Kalau wipes dipakai saat traveling itu enggak apa-apa, kan praktis," sambung Maria.

Nah, ada baiknya Anda wajib mengetahui tiga langkah mudah membersihkan wajah, menurut Maria berikut ini:

-Gunakan pembersih wajah (cleanser)

Aktivitas seharian membuat makeup yang menempel di wajah Anda seketika bersatu dengan minyak, debu dan berbagai jenis kotoran. Untuk itu, langkah awalnya Anda harus membersihkannya dengan cleanser.

Cleanser memiliki jenis yang beragam, di antaranya cleansing milk, cleansing yang mengandung air dan minyak atau micellar water.

-Mencuci wajah

Langkah selanjutnya setelah membersihkan wajah dengan cleanser, yakni Anda diwajibkan untuk mencuci wajah dengan foam khusus wajah.

Mencuci wajah dapat mengangkat seluruh noda dan kotoran yang tertinggal di kulit muka.

-Gunakan penyegar (toner)

Yang terakhir, Anda harus menggunakan toner untuk menyegarkan dan menutup pori-pori yang sudah terbuka akibat mencuci wajah.

Jika Anda ingin terbebas dari kulit wajah kusam, maka gunakan toner secara rutin. (ase)