5 Trik Make Up Flawless dan Tahan Lama Meski Cuaca Panas

Ilustrasi riasan wajah.
Sumber :
  • Kaboompics

VIVA – Hidup di negara tropis seperti Indonesia, jadi tantangan tersendiri untuk kaum wanita. Pasalnya, terik matahari dapat memberi beberapa akibat yang kurang oke untuk kulit, salah satunya make up jadi cepat luntur.

Tapi no worries, ada cara supaya tampilan wajah tetap flawless di tengah cuaca panas. Dilansir dari Harpers Bazaar, Hannah Martin, make up artist dari Bobbi Brown berbagi triknya.

 Awali dengan Benar

Hannah mengungkapkan, "Langkah pertama yang penting adalah mempersiapkan kulit. Agar make up dapat tahan lama, bersihkan kulit secara menyeluruh untuk menghilangkan minyak sebelum mengaplikasikan skincare atau make up."

Setelah kulit bersih, usapkan toner. Selanjutnya pilih pelembap yang ringan dan mudah diserap oleh kulit. Coba Moonlight Ultra Glow Moisturizer dari Luxcrime. Di dalamnya terkandung bahan-bahan aktif seperti minyak biji bunga matahari, minyak biji anggur, niacinamide, arbutin. Teksturnya yang ringan tidak terasa lengket di kulit. Selain melembapkan, kulit bisa menjadi lebih cerah serta kemerahan/redness atau iritasi berkurang.   

Foundation yang Pas

Biasanya tinted moisturizer jadi pilihan paling aman untuk riasan di hari-hari yang panas. Tapi jika Anda ingin coverage lebih, pilih tekstur foundation yang tepat.

"Tantangan selanjutnya adalah membuat make up tidak luntur di cuaca panas, memilih foundation yang tepat adalah kunci utamanya," kata Hannah.

Foundation yang mengandung pelembap akan mudah meleleh, jadi sebaiknya pilih foundation yang water based. 'Kunci' foundation dengan aplikasi bedak tabur atau translucent powder pada area t-zone (hidung dan dahi).

Teknik Pulasan Bedak

"Bedak dapat membuat make up lebih 'set', tapi pastikan wajah tidak dalam keadaan basah saat Anda mengaplikasikan bedak karena akan menyebabkan cakey," kata Hannah.

Ia melanjutkan, setelah aplikasi foundation, serap kelebihan minyak dengan sponge. Lalu gunakan kuas khusus untuk memulas bedak, jangan lewatkan area atas alis, sekitar hidung serta dagu.

Pilih warna matte

Warna matte mampu menempel lebih lama pada kulit dibandingkan warna glossy. Saat beraktivitas di tengah cuaca terik, lebih baik pilih warna matte yang cenderung tidak mudah pudar. Belum lagi kalau muka berminyak, make up glossy akan membuat kulit terlihat lebih mengilap.

Coba lip liquid dari SASC yang berkolaborasi dengan make up artist, Malvava. Magnificent punya aroma karamel yummy, dengan warna nude bernuansa coral kecokelatan yang sesuai untuk semua warna kulit. Meski pigmented, tidak terasa kering dan berat di bibir.

Segarkan Kulit

Di tengah cuaca panas, percikan air di wajah akan terasa menyegarkan. Tapi sebaiknya tidak menggunakan air biasa. Pilih face mist dengan kandungan bahan alami untuk menutrisi kulit.

Cahaya Natural’s Cooling Face Mist akan memberi kesegaran instan dan menghilangkan rasa lengket di wajah. Kandungan lidah buaya serta ekstrak mentimun membuat wajah terasa segar sekaligus terhidrasi.