Waspada Ultherapy Palsu: Bukan Cantik, Kulit Bisa Terbakar

Perawatan Ultherapy autentik di Merz Aesthetics
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria

VIVA – Pertumbuhan industri estetika di Indonesia saat ini semakin berkembang pesat. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya orang yang mendatangi klinik kecantikan untuk bisa tampil maksimal.

Dengan adanya kemajuan teknologi dalam dunia kecantikan, semakin memungkinkan banyak teknik yang dapat dilakukan untuk mengubah penampilan wanita menjadi lebih cantik sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Namun, perlu untuk diperhatikan bahwa masyarakat harus hati-hati dalam memilih klinik kecantikan karena bukan tidak mungkin ada klinik kecantikan yang melakukan praktik kurang jujur.

Seperti halnya di industri lainnya, di industri kecantikan juga ada perawatan yang biasa disebut KW atau tidak original. Satu di antara alat perawatan kecantikan yang dipalsukan, yakni teknologi Ultherapy yang menggunakan ultrasound.

“Kami mengimbau masyarakat agar cerdas untuk memilih klinik kecantikan yang menggunakan produk yang asli. Karena banyak beredar produk alat perawatan kecantikan yang palsu, sehingga perawatan menjadi berjalan sia-sia," kata President Director of Miracle Group, dr Lanny Juniarti saat peluncuran aplikasi Real Matters ID di Jakarta Selatan, Jumat, 7 September 2018.

Lany menjelaskan, pada banyak perawatan palsu, energi dikirimkan pada tingkat dan kedalaman yang tidak konsisten, sehingga membahayakan pasien. Energi ultrasound yang dikirim terlalu intens dan terlalu dekat ke permukaan kulit dapat menyebabkan luka bakar pada area yang seharusnya dirawat.

"Sebaliknya, energi yang dihantarkan secara sporadis (menyebar/tidak presisi) atau terlalu rendah (atau tidak ada sama sekali) dapat memberikan hasil yang kurang diinginkan atau tidak ada hasil sama sekali," kata dia.

Ini tentunya sangat disayangkan, selain membuang-buang biaya, hasil yang didapatkan pun tidak sesuai dan yang terjadi malah meninggalkan luka.

Sebagai informasi, Ultherapy merupakan perawatan kecantikan non-bedah yang dapat mengencangkan kulit kendur di bagian wajah (alis), leher, dan bawah dagu serta untuk memperbaiki garis halus dan kerutan di daerah sekitar bawah leher (decolletage).