Bra yang Dirancang Khusus untuk Para Survivor Kanker Payudara

Ilustrasi payudara/bra.
Sumber :
  • Pixabay/ Hans

VIVA – Kanker payudara menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar kaum wanita. Menurut American Cancer Society, 1 dari 8 wanita didiagnosa dengan penyakit ini. Artinya, setiap tahun, lebih dari 260.000 wanita harus membuat keputusan untuk menghadapi penyakit ini.

Mastektomi atau operasi pengangkatan payudara, sebagai langkah medis paling umum untuk mencegah bagi mereka yang berisiko terkena kanker payudara, dan sekaligus merupakan cara untuk perawatan. Operasi seperti ini jumlahnya juga meningkat 36 persen antara tahun 2005 hingga 2013 menurut data dari Agency for Healthcare Research and Quality.

Pasien kanker payudara yang menjalani operasi ini memiliki pilihan antara lain operasi rekonstruksi atau tidak. Bagi yang tidak melakukan operasi rekonstruksi artinya mereka harus dihadapkan pada bra prostetik yang bisa menyakitkan apalagi saat berada di gym.

Untuk itu, sebuah merek ternama Athleta bekerjasama dengan survivor kanker untuk membuat kehidupan wanita usai mastektomi lebih mudah dengan temuan bra terbaru mereka, Empower bra collection.

Tahun lalu, seperti dilansir Shape, merek ini meluncurkan Empower Bra, sports bra yang dirancang khusus untuk wanita pasca mastektomi dengan bantuan survivor kanker Kimberly Jewett. Tahun ini, mereka kembali mengenalkan produk Empower Daily Bra, versi yang lebih ringan dan sekaligus desain baru insert padded, yang dirancang lebih cepat kering, yang sangat dibutuhkan wanita usai operasi mastektomi.

Mungkin bagi wanita yang memilih tetap rata usai mastektomi, menggunakan padded tidak begitu penting, tapi bagi beberapa wanita, insert ini bisa meningkatkan rasa percaya diri mereka.