Punya Asuransi saat Masih Lajang, Ini Manfaatnya

Sumber foto: Asuransi Astra, HappyOne.id
Sumber :

VIVA – Masa lajang memang masa yang indah untuk eksplorasi banyak hal. Maka tidak heran, gaya hidup boros seringkali terjadi di kalangan kawula muda. Bagi kamu yang masih muda dan single, mengeksplorasi banyak hal memang menyenangkan, tapi ada baiknya kamu juga mulai peduli bagaimana mengalokasikan uang yang kamu punya dengan lebih bijak.

Banyak hal di masa depan yang sebaiknya dipersiapkan sejak dini seperti biaya menikah, cicilan rumah atau apartemen, bahkan dana pensiun. Untuk itulah, sadar akan pengelolaan keuangan menjadi hal penting sedini mungkin, terlebih saat kamu telah memiliki penghasilan sendiri. Salah satu cara mengelola keuangan dengan baik, yaitu dengan memiliki asuransi.

Bukan hanya asuransi dapat bermanfaat bagi kamu di masa depan, dengan memiliki asuransi kamu juga mendapat hal-hal bermanfaat lainnya, seperti:

1. Sebagai prasarana untuk menabung

Saat single, tanggungan hidup cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang sudah menikah. Hal ini memudahkanmu menyisihkan dana untuk membayar asuransi setiap bulannya. Selain itu, maksud dari prasarana menabung, ialah sejumlah dana yang diasuransikan memiliki nilai tunai dan dapat diambil kembali, prinsip nya hampir sama seperti kamu menabung.

2. Memberikan rasa tenang dan aman

Sebagai manusia biasa, kita memang tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi di masa depan. Musibah atau risiko bahkan bisa saja terjadi dalam kehidupan kita dan keluarga, diantaranya yaitu kematian, kecelakaan, kerusakan atau kehilangan harta benda, ataupun putus sekolah. Lantas, bagaimana kita meminimalisir risiko yang tidak dapat kita prediksi di masa depan? Jawabannya adalah asuransi. Asuransi menjadi solusi untuk meminimalisir risiko-risiko tersebut. Dengan pilihan untuk mendaftar polis asuransi, akan timbul perasaan aman dan tenang karena objek yang diasuransikan telah mendapat jaminan dari penanggung polis sehingga segala kemungkinan resiko bisa dikurangi.

3. Alokasi keuangan dengan manfaat yang lebih adil

Manfaat secara umum dari adanya asuransi adalah untuk membantu kamu dalam mengelola keuangan. Dengan adanya premi asuransi, mau tidak mau kamu harus lebih cermat lagi dalam mengalokasikan penghasilan untuk beberapa pengeluaran sehingga dengan begini kamu akan jadi lebih bijak dalam menggunakan uang kamu.

Selain itu, dengan adanya kewajiban membayar premi asuransi yang dilakukan secara rutin, secara tidak sadar itu juga melatih kamu untuk terbiasa mengalokasikan nominal yang kecil dan seiring waktu bukan tidak mungkin kamu mulai mencoba menyisihkan nominal yang lebih besar lagi. Tentu, kebiasaan ini akan membantu kamu untuk lebih peduli mewujudkan rencana-rencana besar kamu di masa depan nanti. Seperti kata pepatah lama, sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.

Untuk memulai menyisihkan nominal kecil tadi, kamu bisa memulainya dengan memiliki asuransi kesehatan atau kecelakaan pribadi. Jenis asuransi ini melindungi kamu dari risiko kecelakaan, menyediakan pertanggungan untuk biaya rumah sakit, operasi dan kebutuhan medis lainnya.

Kamu bisa memilih platform e-commerce asuransi yang bisa kamu gunakan dengan mudah, yaitu HappyOne.id. HappyOne.id menyediakan berbagai kebutuhan asuransi yang bisa kamu pilih, mulai dari perlindungan diri dari kecelakaan, perlindungan diri saat traveling, hingga perlindungan rumah dari risiko kebakaran. Bayar preminya pun bisa lebih murah dari budget kamu beli kopi, yaitu mulai dari Rp 10.000. Untuk mencoba memahami detail manfaat yang akan kamu dapat di HappyOne.id, kamu bisa melihatnya di sini.