Muslim Fashion Festival 2019 Bakal Beda, Diramaikan 100 Desainer

Konferensi pers Muffest 2019
Sumber :
  • VIVA/Shalli Syartiqa

VIVA – Muslim Fashion Festival Indonesia (Muffest) ke-4 kembali digelar di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat pada 2-5 Mei 2019 mendatang. Muffest yang diselenggarakan oleh Indonesia Fashion Chamber (IFC) dan Diandra Promosindo menggandeng community partner, yakni Hijabers Mom Community dan Hijabers community menghadirkan Trend Forecasting 2019/2020 dengan tema Singularity.

"Muffest diarahkan sebagai muara dari perkembangan terkini industri fesyen Muslim Indonesia, yang meliputi segi kualitas, kuantitas, inovasi bisnis, teknologi dan tren," kata Ali Charisma selaku National Chairman Indonesia Fashion Chamber (IFC) saat jumpa pers di Pasific Place, SCBD, Jakarta Pusat, Senin, 26 November 2018.

Ali meyakini bahwa ajang ini akan memperluas akses dan meningkatkan kompetisi produk fesyen Muslim Indonesia. Selain itu, supaya produk lokal bisa bersaing di tingkat internasional.

"Dan terakhir dapat mewujudkan Indonesia sebagai pusat belanja, produksi dan barometer tren fesyen muslim global," ujarnya.

Dalam Muffest 2019, ada sebanyak 100 desainer yang akan menampilkan koleksi busana. Bakal ada empat tema dalam Muffest 2019, yakni Exuberant, Neo Medieval, Svarga, dan Cortex di Muffest 2019.

"Utamanya Singularity, tapi keempat tema itu tidak bisa lagi dirangkum karena konsumen bermacam-macam," kata Ali.

Keempat tema tersebut memiliki karakter busana muslim yang sangat kuat. Svarga, misalnya, yang menampilkan gaya berbusana lebih etnik, Neo Medieval menonjolkan gaya yang lebih bold dan berani, Cortex menampilkan busana bergaya muda, sementara Exuberant lebih mengarah pada gaya lebih elegan dan mapan.

Pada konsep Muffest 2019, koleksi ditandai dengan potongan busana yang sangat sederhana dan rapi. Selain itu, didominasi dengan warna-warna basic, seperti putih dan abu-abu.

"Untuk ambience kami ambil Cortex karena kami ingin Muffest ke depan didominasi oleh desainer muda. Karena kalau B2B (Business to Business) orang luar juga mengarah ke sana," katanya.

Muffest 2019 juga akan terlihat berbeda dengan hadirnya koleksi busana sport muslim yang akan ditekankan. Para desainer menciptakan busana sport muslim yang dapat dikenakan dalam keseharian, seperti saat berlibur.

"Saat ini banyak wanita Muslim yang berlibur mengenakan baju syar'i, tapi pakai poliester. Kasihan sekali melihatnya, mungkin mereka belum mengerti dan memahami mana busana muslim yang tepat untuk pergi dan berlibur," tutur Ali.

Selain menampilkan ratusan koleksi busana dari para desainer, Muffest 2019 juga menampilkan talkshow, fashion presentation, kontes foto, kompetisi vlogger, influencer gathering dan lainnya.