Hindari 3 Kebiasaan Sepele yang Merusak Kulit

Ilustrasi Make Up wanita.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Memiliki kulit wajah yang sehat dan bebas masalah adalah dambaan setiap orang, khususnya wanita. Berbagai perawatan dan produk kosmetik terbaru menjadi incaran kaum hawa untuk mempercantik wajahnya.

Namun, ternyata banyak dari kita justru melakukan perawatan wajah secara keliru, sehingga membuat kulit wajah malah bermasalah.

Hal tersebut diungkapkan dr. Ditha Sartika dari ZAP Clinic saat berbincang dengan VIVA, belum lama ini. Berikut ada beberapa kesalahan yang membuat kulit wajah bermasalah.

Ganti Kosmetik

Yang pertama adalah seringnya menggonta-ganti produk kosmetik. Cara ini mungkin memuaskan rasa penasaran Anda dengan produk kosmetik baru yang muncul di pasaran. Tapi terlalu sering mengganti kosmetik justru membuat kulit kita bermasalah, karena kandungan kosmetik yang baru tersebut belum tentu secocok kandungan kosmetik yang biasa kita pakai. 

Scrubing Berlebihan

Yang kedua, penggunaan scrub setiap hari. Walaupun terasa lebih bersih, penggunaan scrub setiap hari justru menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Scrub baik digunakan paling banyak dua kali seminggu, untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Terlalu Sering Menyeka Wajah

Yang terakhir, terlalu sering mengelap wajah berminyak justru membuat kulit memproduksi lebih banyak minyak. Karena terlalu sering dilap menggunakan tisu atau kertas minyak, kulit wajah akan memberikan sinyal pada kelenjar minyak untuk memproduksi minyak yang lebih banyak lagi. 

Dan untuk hasil yang maksimal, lakukan konsultasi kepada dokter ahli untuk mengetahui perawatan yang tepat untuk mengatasi masalah yang dialami wajah.