Sering Pakai Kertas Minyak Justru Bikin Kulit Wajah Semakin Mengkilap

Kulit wajah.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Punya kulit wajah yang berminyak seringkali menjadi hal yang menyebalkan. Wajah cepat sekali terlihat mengkilat, kusam dan berkeringat. Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa cara ampuh untuk 'membendung' minyak di wajah.

Dr. Tisa Zulfia, MD dari ZAP Clinic menjelaskan bagaimana cara mencegah kulit memproduksi minyak berlebih. Mulai dari cara memilih produk pembersih wajah hingga treatment yang tepat untuk kulit berminyak. Berikut ini beberapa di antaranya, seperti yang diungkapkan Tisa saat dihubungi VIVA, Rabu, 27 Februari 2019.

1. Jeli memilih produk pembersih wajah

Tisa mengatakan bahwa Anda bisa menggunakan produk pembersih kulit yang menggunakan salicylic acid. Selain membersihkan, salicylic acid juga dapat mencegah bertambahnya minyak di wajah.

2. Buang jauh kertas minyak

Hindari penggunaan blotting paper atau kertas minyak terlalu sering, karena akan memicu kulit untuk memproduksi minyak lebih banyak yang akhirnya membuat wajah makin mengkilap.

“Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan tisu wajah untuk mengurangi minyak di permukaan kulit wajah, tanpa membuatnya terlalu kering,” ujarnya.

3. Treatment khusus

Selain melakukan dua hal tersebut, Anda bisa melakukan treatment face toning secara rutin yang mampu mengurangi produksi minyak di wajah dengan penembakan sinar laser ke seluruh wajah. (ldp)