Penyebab Jerawat Tiba-tiba Muncul Saat Traveling

Jerawat sering dialami oleh wanita.
Sumber :
  • doctoroz

VIVA – Sering sadar tidak kalau kulit kerap bermasalah setiap kali liburan? Biasanya orang akan menyalahkan kuman hingga alat trasportasi seperti pesawat, kereta atau bus yang tidak bersih. Padahal, stres ketika melakukan perjalanan ikut berperan dalam munculnya jerawat.

Melanie Herring, seorang ahli estetika berlisensi mengatakan bahwa tingginya hormon adrenalin dan kortisol menjadi penyebab jerawat saat liburan. "Stres mengaktifkan sistem saraf simpatik kita dan hormon. Tingkat hormon yang lebih tinggi seperti adrenalin dan kartisol bisa menyebakan munculnya jerawat," kata dia.

Dan berikut ini tiga pemicu munculnya jerawat selama dalam perjalanan, seperti dilansir dari Mind Body Green.

1. Stres

Adarsh Vijay Mudgil,M.D dari Mudgil Dermatology juga membenarkan bahwa stres bisa menyebabkan munculnya jerawat. "Kortisol sebenarnya bahan bakar untuk jerawat. Ini sulit dicegah, terutama jika melalui perbedaan waktu," katanya.

Cara terbaik untuk menyiapkan kulit terhadap pemicu stres adalah membiasakan kebiasaan baik di minggu-minggu jelang perjalanan. Cukup tidur, diet sehat, dan hindari makanan tinggi glikemik seperti makanan manis dan permen.

2. Kondisi selama perjalanan

Stres ikut berperan besar membuat jerawat timbul, perjalanan juga ikut andil terutama jika Anda memilih menggunakan pesawat.

"Kulit buruk mulai di pesawat, udara yang tidak alami mengambil kelembapan kulit, yang mengatur fungsi bawaannya dan mengeluarkan kelenjar minyak berlebih," kata Merrady Wickes, Kepala Pendidikan dan Konten di Detox Market.

Untuk itu, pastikan banyak minum air sebelum dan selama penerbangan. Selain itu, pakai pelembap yang sesuai dengan jenis kulit.

3. Cuaca

Hal lain yang perlu diingat adalah ke mana akan pergi. Sebab, menurut Wickes, perubahan suhu dan kelembapan yang mendadak bahkan kandungan dalam air keran bisa menyebabkan jerawat, jadi jangan lewatkan rutinitas perawatan harian kulit.

Bahkan jika Anda bermain ski atau ke suatu tempat dengan udara kering dan panas, pakai pelembap. Sementara di lokasi lembap seperti pantai, Anda membutuhkan produk berbasis serum untuk menjaga pori-pori tetap bersih.

Hal yang perlu dicatat adalah meski dengan perawatan kulit terbaik tapi jika tidak bisa mengendalikan stres, tidak ada produk apapun yang akan bisa menjauhkan kulit dari masalah saat bepergian. Untuk mengendalikan emosi Anda, Herring mengatakan untuk mengambil napas dan berlatih bersyukur.

"Stres bisa memicu ketegangan dan menggenggam pola dalam tubuh, terkadang di bagian rahang dan leher di mana terdapat kelenjar getah bening. Jika tidak ada ketegangan getah bening tidak bisa mengalir, menciptakan stagnasi, ketika stagnasi muncul, racun dan kotoran tidak dilepaskan sehingga menumpuk dan menimbulkan jerawat," tutur Herring.