Amankah Jika Pria Gunakan Produk Perawatan Kulit Wanita?

Ilustrasi pria merawat diri.
Sumber :
  • http://cantiksehatgue.blogspot.co.id

VIVA – Bukan hanya perempuan, perawatan kulit juga penting bagi pria. Hal ini karena pria melakukan aktivitas yang sama bahkan lebih sering di luar ruangan daripada perempuan. 

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika pria melakukan sejumlah perawatan kulit mulai dari pembersih wajah hingga body lotion. Namun banyak laki-laki yang masih kerap bingung saat memilih body lotion untuk kulitnya. 

Pertanyannya kemudian, bolehkan pria menggunakan produk perawatan kulit untuk perempuan? Dan seberapa efektifkah produk itu untuk mereka?

"Sebenernya struktur kulit pria dan wanita itu sedikit berbeda. Pria itu cenderung lebih tebal dan memiliki permukaan yang lebih kasar," ujar ahli kulit dr. Kardiana Purnama Dewi, SpKK saat peluncuran Marina, di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu, 27 Maret 2019. 

Selain itu, Kardiana mengatakan bahwa kulit laki-laki cenderung lebih berminyak. Oleh karenanya produk perawatan laki-laki umumnya sedikit berbeda. Namun, pada prinsipnya laki-laki juga boleh menggunakan produk perawatan kulit perempuan.

"Jadi boleh saja digunakan dan sama saja, kecuali dalam kondisi klinis tertentu," ungkap dia. 

Namun untuk mendapatkan perawatan yang lebih efektif, ia menyarankan agar laki-laki memilih produk body lotion yang tidak terlalu kental dan sedikit lebih ringan. Ini karena struktur kulit laki-laki sedikit berminyak.

"Kalau pembersihan harus lebih keras kalau cowok, lebih berbusa supaya dia bisa lebih bersih, karena cenderung lebih tebal kulitnya,"kata dia. (ldp)