Tips Memilih Sports Bra dan Cara Merawatnya

Ilustrasi payudara/bra.
Sumber :
  • Pixabay/ Hans

VIVA – Semakin banyak orang sadar akan kesehatan, memicu mereka untuk mengubah gaya hidup. Bukan cuma pola makan sehat yang dilakukan, semakin banyak pula wanita khususnya, menjadi semangat berolahraga.

Tingginya minat orang untuk berolahraga turut mempengaruhi semakin kayanya pilihan pakaian olahraga bahkan hingga pakaian dalam. Salah satu yang semakin diminati saat ini adalah sports bra. Dianggap sebagai bra yang bisa mendukung aktivitas olahraga, sports bra menjadi pilihan banyak wanita, terlebih saat ini desainnya juga semakin keren.

Dengan semakin banyak merek dan bentuk, bagaimana menemukan sports bra yang tepat. Dilansir Fitness Magazine, ada beberapa pertimbangan sebelum memutuskan memilih sports bra. Jika ingin sports bra yang bisa mendukung payudara, ada tiga poin penting yang jadi pertimbangan, yaitu tali, cup dan band, termasuk bagian sisi.

Dan berikut ini cara mencoba untuk menemukan tiga poin penting tersebut menurut Susan Sokolowski, Senior Innovation Manager Nike di Beaverton, Oregon.

Tali

Pegang bagian atas salah satu tali dan pusat dari cup, kemudian tarik. Entah mereka bisa disesuaikan panjangnya atau tidak, semakin sedikit elastisitas tali depannya, semakin banyak kendali gerakan yang mereka berikan.

Cup

Ulangi tes di atas dengan menarik bagian atas dan bawah setiap cup, semakin sedikit tarikan, semakin besar kontrol gerakan. Kemudian letakkan bra, entah itu bergaya kompresi (untuk cup kecil atau latihan ringan) atau enkapsulasi (untuk payudara besar), cup harus bisa menahan seluruh payudara, tidak tumpah. Jika tidak, pilih ukuran cup lebih besar.

Band dan sisi samping

Selipkan jari di bawah band antara payudara, Anda seharusnya tidak bisa menariknya lebih dari 1 cm dari dada, jika menggunakan yang bisa disesuaikan coba di bagian kancing pertama, jika harus sampai ke bagian terakhir, coba pilih yang lebih kecil. Kemudian tarik lengan ke atas, jika band tertarik, artinya itu terlalu besar, jika demikian pilih yang berukuran lebih kecil.

Terakhir adalah, jika ingin menjaga sports bra awet, cuci sports bra dengan air dingin dan detergen yang lembut, hindari pelembut dan pemutih pakaian. Keringkan dengan posisi datar, untuk pengering gunakan cold tumble cycle, karena panas bisa merusak spandex. Dan ganti jika serat spandex mulai terlihat atau bahan tidak lagi kembali ke bentuk asal, kira-kira sports bra berusia sampai 15 bulan untuk penggunaan wajar.