Cara Praktis Jaga Kesehatan Kulit Pria

Ilustrasi pria.
Sumber :
  • Pixabay/CC0 Public Domain

VIVA – Keinginan untuk memiliki kulit sehat dan terawat tidak hanya menjadi harapan kaum hawa saja, ternyata kaum pria pun punya keinginan serupa. Namun, adanya beberapa perbedaan mendasar antara kulit pria dan wanita, maka kebutuhan dan perawatannya pun berbeda.

Terdapat beberapa perbedaan karakteristik pada kulit pria dan wanita, di antaranya ketebalan kulit. Pada pria, kulit cenderung lebih tebal bila dibandingkan kulit wanita. Selain itu, umumnya produksi dan kelenjar minyak pada kulit pria lebih banyak bila dibandingkan kulit wanita. Rambut pada kulit pria pun lebih banyak daripada wanita.

"Karena karakteristik dan jenis kulit pria yang lebih tebal, berminyak dan berambut maka perawatannya harus disesuaikan. Pemilihan pembersih muka, tabir surya, produk shaving, moisturizer harus sesuai dengan kondisi kulit pria," ujar spesialis kulit dr. Yuda Ilhamsyah, SpKK saat ditemui baru-baru ini.

Dipaparkan Yuda, perawatan paling mudah pada tiap jenis kulit pria yaitu pemilihan produk pencuci wajah. Untuk kulit berminyak, pemilihan produk harus yang menjamin tidak adanya kandungan minyak di dalamnya.

"Pada kulit berminyak harus yang oil free atau non-komedogenic. Sementara pada kulit sensitif seharusnya memilih yang fragrance free," ucap Yuda.

Selain penggunaan pencuci wajah yang sesuai, lanjut Yuda, sebaiknya bersihkan wajah secara teratur dengan air hangat. Kemudian, rutin menggunakan pelembap dan tabir surya.

"Pemakaian pelembap sebaiknya setelah mandi. Jadi dengan keadaan kulit masih basah," jelasnya.

Saat mencukur rambut di wajah juga sebaiknya sesuai arah rambutnya dan ganti pisau cukur secara berkala untuk hindari infeksi kulit. Tak lupa, periksa kulit secara berkala untuk mencegah adanya benjolan atau infeksi berbahaya yang tak diinginkan.