Orang Indonesia Gemar Belanja Online Saat Sahur

Ilustrasi belanja online
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Momen Ramadan  ternyata berpengaruh terhadap perilaku belanja online masyarakat yang semakin meningkat. Data dari Shopee menunjukkan bahwa peningkatan ini sudah mulai terlihat di  awal minggu Ramadhan 201.

"Kami sendiri mencatatkan peningkatan transaksi hingga 3 kali lipat dibandingkan tahun lalu. Pertumbuhan ini diprediksi akan terus meningkat pasca penerimaan THR mendatang," ungkap Country Brand Manager Shopee, Rezki Yanuar saat media gathering di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Selasa, 21 Mei 2019.

Menariknya, peningkatan belanja online ini justru terjadi pagi hari, atau tepatnya sekitar pukul 03.00-05.00. Peningkatan ini bisa mencapai 4 kali lipat dibandingkan hari biasa. Rezky mengungkapkan bahwa hal ini terjadi lantaran banyak orang melakukan belanja usai santap sahur sambil menunggu adzan subuh.

Sementara itu, perubahan perilaku dan peningkatan konsumsi masyarakat melalui e-commerce juga diyakini oleh Nailul Huda, Peneliti Center of Innovation and Digital Economy INDEF (Institute for Development of Economics and Finance).

“Ramadan memang selalu menjadi salah satu momentum yang dimanfaatkan para pelaku e-commerce untuk meningkatkan nilai transaksi," ucap Nailul saat ditemui di tempat yang sama.

Tahun ini, lanjut Nailul, INDEF memprediksi nilai rata-rata belanja masyarakat pada Ramadaan mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Indeks Keyakinan Konsumsi masyarakat pada Ramadan selalu meningkat dari tahun ke tahun.

"Hal ini pun terlihat dari nilai rata-rata belanja masyarakat pada Ramadan yang selalu mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya," kata Nailul.