Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Senin, 27 Mei 2019 | 07:30 WIB

Hijabers Mau Punya Rambut Indah Bebas Masalah? Begini Caranya

Team VIVA »
Jujuk Ernawati
Shalli Syartiqa
Foto :
  • Instagram/Stephanie Kurlow
Wanita cantik berhijab.

VIVA – Memiliki rambut yang sehat adalah impian setiap orang, khususnya kaum Hawa. Begitu juga dengan wanita yang menggunakan hijab.

Hijab sendiri diketahui memberikan perlindungan bagi rambut, karena rambut akan terhindar dari paparan sinar matahari, polusi, serta bahan kimia yang biasanya digunakan untuk menata rambut. Namun rambut yang dilindungi hijab akan mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan benar.

Baca Juga

Salah satu masalah rambut yang kerap dialami para hijabers adalah rambut rontok. Dr Rina dari ZAP Clinic membagi beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk merawat kesehatan dan keindahan rambut meski berhijab.

Pertama, Anda harus rutin menyisir rambut karena ini merupakan langkah utama untuk mencegah rambut kusut. Selain itu, untuk mengurangi kerontokan akibat rambut patah.

Terpopuler

"Gunakan sisir dengan rongga yang sedang, sisirlah rambut secara rutin minimal dua kali sehari. Selain mencegah rambut rontok menyisir rambut juga membantu memperlancar peredaran darah di kulit kepala," kata Rina kepada VIVA, belum lama ini.

Di samping itu, dia menyarankan, jangan mengikat rambut terlalu kencang. Sebab, mengikat rambut terlalu kencang dapat merusak rambut serta memperparah kerontokan. Karena itu, langkah yang paling tepat adalah mengikatnya dengan ikatan yang longgar.

Hal lain yang perlu menjadi perhatian hijabers adalah jangan menggunakan hijab dalam keadaan rambut basah. Saat rambut basah, rambut rentan dengan kerusakan jika tidak diperlakukan dengan benar, sehingga sangat penting memastikan rambut benar-benar kering sebelum diikat dan ditutup dengan hijab.

"Namun penggunaan pengering rambut juga perlu diperhatikan. Gunakan suhu rendah atau sedang untuk meminimalisir kerusakan yang ditimbulkan," ujar Rina.

Anda juga harus menggunakan bahan hijab yang tepat. Hal ini agar rambut bisa bernapas dengan baik dan terjaga kesehatannya. Kain katun dapat dijadikan pilihan tepat saat Anda memilih hijab karena kain ini memiliki rongga yang dapat memperlancar asupan udara bagi rambut Anda, meski dalam keadaan tertutup.

Soal membersihkan rambut, dianjurkan memilih sampo dengan komposisi yang ringan untuk mencuci rambut dan kulit kepala yang lembap dan berminyak karena tertutup hijab. Anda juga disarankan menggunakan masker rambut demi memberi vitamin pada rambut.

Selain perawatan topikal, Rina menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang membantu merawat kesehatan rambut. Misalnya, makanan yang banyak mengandung protein, asam amino dan zat besi. Mengonsumsi suplemen vitamin juga dapat menyehatkan rambut.

"Dan untuk menstimulasi pertumbuhan rambut,  Anda bisa melakukan treatment PRP Hair Regrowth yang dilakukan 2 sampai 4 minggu sekali," ucapnya.

Setelah melakukan treatment ini dianjurkan tidak mencuci area treatment selama dua jam setelahnya. Rambut dapat dikeramas 4-8 jam setelah treatment.

"Pemakaian hair tonic dan hair spa setelah treatment dapat dilakukan satu minggu sekali. Dan lakukan treatment secara rutin sesuai anjuran dokter," saran Rina.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Heboh Seleksi Paskibraka di Labuhan Batu
TVONE NEWS - 7 jam lalu