Penting Banget, Cara Jitu Usir Ketombe

Ilustrasi gaya rambut pria.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pityriasis simplex capillitti atau lebih dikenal ketombe, merupakan salah satu masalah rambut yang cukup membuat resah. Masalah etombe dapat terjadi pada siapa saja.  

Rambut berketombe, pastinya membuat orang tidak percaya diri. Kepada VIVA, Dr. Artini Wijaya Islami, SpKK, SpKK dari ZAP Clinic menjelaskan secara detail timbulnya ketombe.

"Ketombe merupakan masalah peradangan pada kelenjar minyak di kulit kepala yang disebabkan oleh kelembapan dan jamur," kata Artini, saat berbincang lewat sambungan telepon, Senin 17 Juni 2019.

Dikatakan Artini, masalah ketombe mudah diobati, asal ditangani dengan tepat dan benar.

"Tidak disarankan keramas setiap hari. Hal tersebut, dapat menyebabkan kulit kepala dan rambut menjadi kering. Keramas yang disarankan itu tiga kali seminggu atau dua hari sekali," katanya.

Rutin merawat rambut dan kulit kepala menjadi kuat, sehat dan pasti terbebas dari masalah ketombe, untuk itu perawatan rambut berikut mampu membantu Anda.

"Apabila kepala berminyak, maka dianjurkan untuk menggunakan sampo anti ketombe. Namun, apabila rambut dan kulit kepala kering, Anda bisa memberikan tambahan conditioner atau pelembap khusus rambut usai keramas," katanya.

Untuk perawatan rambut, penting juga untuk menghindari trauma yang dapat merusak rambut. Trauma kimiawi yang harus dihindari contohnya adalah penggunaan obat-obatan untuk mewarnai rambut, mengeriting, dan meluruskan rambut.

Untuk trauma fisik, Anda dapat menghindari penggunaan hairdryer dan catokan terlalu sering. (asp)