Tips Bayar Listrik Mudah Biar Tidak Kena Denda karena Telat Bayar

Ilustrasi meminimalisir tagihan listrik.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Listrik jadi kebutuhan penting yang harus ada di era modern. Di rumah kamu saja, sudah semakin banyak peralatan yang butuh listrik supaya bisa digunakan. Sebut saja TV, lemari es, dan air conditioner (AC). Pastinya kamu harus menjaga aliran listrik di rumah supaya tetap tersambung dengan baik. Caranya cuma satu, bayar tagihan listrik tepat waktu. Telat membayar listrik akan berujung pada denda yang memberatkan dan pemutusan sambungan listrik.

Tenang, selalu ada langkah terbaik yang bisa kamu lakukan supaya tidak terlambat membayar tagihan listrik setiap bulannya. Lakukan saja pembayaran secara online supaya memudahkan kamu untuk melunasi tagihan tepat waktu. Selain itu, lakukan juga beberapa tips di bawah ini untuk semakin memudahkan kamu bayar listrik dan menghindari telat bayar.

1. Catat Semua Perlengkapan Elektronik

Bila ingin berhemat, kamu harus tahu semua kebutuhan listrik di rumah per harinya. Kamu bisa memulai dari alat elektronik yang paling sering dipakai. Lemari es jadi alat elektronik yang selalu menyala sepanjang hari dan pastinya masih banyak lagi perlengkapan elektronik juga digunakan lebih sering.

Jangan lupa hitung kebutuhan watt yang diperlukan setiap lampu di rumah. Biarpun kecil, lampu yang menyala seharian juga memakan listrik yang banyak. Dengan mengetahui kebutuhan listrik harian, kamu pun bisa menghitung perkiraan pemakaian setiap bulannya dan tagihan listrik yang harus dibayarkan nantinya.

2. Tetap Harus Berhemat

Dengan tahu kebutuhan listrik bulanan, akan buat kamu memikirkan strategi baru untuk berhemat. Pertama, kamu mengganti alat elektronik rumah dengan pilihan yang hemat energi. Lalu, selalu gunakan dengan bijaksana. Maksudnya, alat elektronik dengan watt sekecil apa pun sebaiknya dimatikan saat tidak digunakan.

Kalau memang ada perlengkapan rumah tangga dengan listrik besar yang masih dibutuhkan, gunakannya pada siang hari. Ruangan rumah yang masih bisa dimasuki oleh cahaya matahari tidak terlalu membutuhkan penerangan dari lampu di siang hari.

3. Bayar Listrik di Waktu yang Tepat

Buat sebuah kebiasaan bayar semua tagihan rutin di tanggal yang sama. Alangkah baiknya selalu buat berdekatan dengan tanggal gajian kamu. Memang, tanggal gajian berbeda-beda tergantung dari tempat Anda bekerja. Ya, kamu bisa pilih sendiri tanggal baiknya dengan memasang reminder di smartphone atau kalendar email.

Buat kamu yang mendapatkan gaji di akhir bulan (tanggal 25 – 28), sebaiknya selalu bayar tagihan sebelum bulan berganti (maksimal tanggal 30 – 31 setiap bulannya). Sedangkan, kamu yang mendapatkan gaji di awal bulan, sebaiknya bayar tagihan tidak lewat satu minggu saat uang masuk ke rekening kamu.

4. Lakukan Strategi Berbeda untuk Listrik Prabayar

Meteran listrik prabayar atau token sekarang sudah banyak juga digunakan di rumah-rumah dewasa ini. Listrik ini mirip dengan membeli pulsa handphone. Kamu baru bisa menggunakannya saat tokennya terisi. Banyak yang bilang juga, listrik token kadang lebih hemat dibanding listrik pascabayar. Ya, semuanya bergantung dari penggunaan listrik harian di rumah juga, sih.

Jika kamu menggunakan listrik jenis ini di rumah, tips di atas tetap bisa digunakan, kok. Bedanya hanya pada pembelian token listrinya saja. Disarankan untuk langsung membeli pulsa token listrik dalam jumlah yang besar, alih-alih membeli token di bawah Rp100 ribu. Dengan sekali beli token listrik dalam jumlah besar, kamu malah bisa berhemat dari sisi biaya dan tidak bolak-balik mengisi.

5. Bayar Lewat Smartphone

Sekarang pun kamu tidak perlu repot-repot buat pergi ke loket pembayaran listrik PLN untuk bayar tagihan bulanan. Semua tagihan sekarang bisa dilakukan dari dalam genggaman, termasuk bayar listrik PLN atau beli token. Dengan begitu, kamu bisa melakukan pembayaran tepat waktu sebelum tanggal 20 setiap bulannya atau batas waktu pembayaran tagihan di bulan sebelumnya.

Kamu cukup memasukkan nomor ID listrik dan langsung bayar listrik pln sekarang. Jumlah tagihan listrik yang harus dibayarkan akan muncul dan kamu bisa langsung bayar segera via banyak metode pembayaran. Sekarang kamu bisa terbebas dari denda karena bayar listrik terlambat!