Perawatan Kecantikan Nonbedah Naik Drastis dalam 5 Tahun

Perawatan kecantikan
Sumber :
  • instagram.com/miracle_clinic

VIVA – Kesadaran orang akan pentingnya menjaga dan merawat kecantikan sudah semakin tinggi. Kini, sudah banyak yang tak ragu mendatangi klinik-klinik kecantikan demi mendapatkan perawatan terbaik untuk mendapatkan penampilan sempurna.

Perkembangan teknologi juga memungkinkan munculnya berbagai macam jenis perawatan, mulai dari perawatan dengan suntik atau tanpa suntik, dan nonbedah. President Director of Miracle Aesthetic Clinic Group dr. Lanny Juniarti, Dipl.AAAM mengungkap, berdasarkan data yang diambil dari dari tahun 2000 sampai 2018, prosedur operasi maupun operasi plastik menurun.

"Penurunannya sampai minus 5 persen dari berbagai macam prosedur, seperti liposuction hingga facelift," ujar Lanny dalam acara Merz Aesthetic Serendipity Journey di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu, 26 Juni 2019.

Sebaliknya, saat ini justru terjadi kenaikan pada prosedur nonbedah atau minimal invasif. Perawatan tanpa bedah ini meningkat hingga 228 persen.

Menurut Lanny, sekarang orang tidak lagi memilih prosedur bedah untuk kecantikan terutama disebabkan oleh inovasi dan teknologi. Ditambah lagi dengan perkembangan produk-produk kecantikan yang memberikan efektivitas lebih bagus dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, kesadaran orang untuk melakukan perawatan kecantikan saat ini sudah dimulai sejak usia muda.

Lannya menambahkan, data dari berbagai klinik kecantikan menunjukkan bahwa lima tahun lalu, orang masih lebih mengandalkan facial. Tindakan invasif belum dikenal saat itu hingga akhirnya laser muncul dan melejit menjadi perawatan nomor satu.

Perawatan untuk meniruskan dan mengencangkan pun mengalami peningkatan sebanyak 5,5 persen, dibanding lima tahun lalu yang hanya 1,7 persen.(nsa)