Kenapa Kancing Baju Wanita di Sebelah Kiri dan Pria di Kanan?

Ilustrasi kemeja.
Sumber :
  • Freepik/freepik.diller

VIVA – Pernahkah Anda memerhatikan letak kancing kemeja Anda? Jika diperhatikan, letak kancing baju pria dan wanita berbeda. Wanita di sebelah kiri sedangkan pria di sebelah kanan. Tahukah Anda alasannya?

Ternyata, pada zaman dahulu, gender menentukan bagaimana pakaian akan dibuat. Di zaman sekarang, dengan model unisex, pria dan wanita bebas bereksperimen dengan pakaian mereka. Saat ini, pakaian tidak lagi menentukan jenis kelamin seseorang.

Namun, akan berbeda ceritanya jika berbicara tentang kemeja, karena masih ada perbedaan berdasarkan kancing. Ternyata, praktik ini sudah dibuat sejak tahun 1850-an. Dilansir dari Times of India, Senin 15 Juli 2019, berikut beberapa alasan yang melatarbelakangi letak kancing kemeja pria dan wanita.

1. Wanita tidak memakai pakaiannya sendiri

Dahulu, wanita kelas atas tidak memakai pakaiannya sendiri. Hal ini memudahkan pelayan bertangan kidal untuk menutup kancing-kancing kemeja wanita kelas atas.

2. Pria lebih mudah menyimpan senjata

Banyak sejarawan yang telah menyampaikan teori ini bahwa lebih mudah bagi pria untuk menyimpan senjata mereka dengan tangan dominan. Jadi, kancing di sebelah kanan memudahkan para pria untuk memasukkan tangan ke baju dan jaket.

3. Teori Napoleon

Banyak wanita yang mengejek Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte dengan berpose rompi, yang dianggap sebagai tanda kehormatan. Dengan alasan ini, ia memerintahkan untuk membuat kancing kemeja wanita berlawanan dengan pria.

4. Untuk menunggang kuda

Pada zaman dahulu, wanita menunggang kuda menggunakan posisi menyamping ke kanan. Dengan memasang kancing di sebelah kiri, ini akan mengurangi angin yang masuk.

5. Rakyat jelata ingin meniru pakaian orang kaya

Dahulu, kancing dianggap mahal dan rakyat jelata ingin meniru pakaian orang kaya dan memilih gaya kancing ini. (ren)