Indonesia Berkebaya, Kenalkan Kebaya ke Generasi Muda

Ilustrasi kebaya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Riska Herliafifah

VIVA – Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia berupaya membangkitkan dan mengembalikan semangat cinta kepada kebudayaan Indonesia akan indahnya berkebaya dengan mendeklarasikan gerakan 'Indonesia Berkebaya'.

Bertempat di auditorium Museum Nasional, Jalan Merdeka Barat, Rahmi Hidayati selaku Pendiri Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia, menyampaikan beberapa poin penting, di antaranya gerakan 'Selasa Berkebaya'. 

"Setiap Selasa para perempuan menggunakan kebaya dalam kesehariannya, baik ke kantor, ke pasar, dan berbagai aktivitas lainnya," kata Rahmi,  Selasa,  16 Juli 2016.

Ada poin penting dijadikan materi utama gerakan 'Indonesia Berkebaya',  yaitu memperkenalkan kembali busana kebaya yang merupakan bagian dari sejarah dan budaya Indonesia kepada generasi muda Indonesia.

"Kami juga ingin meningkatkan kreativitas dalam mendesain kebaya tanpa meninggalkan pakem budaya yang merupakan warisan leluhur, menjadi pemersatu bangsa, dan fungsi ekonomi yang bisa memajukan ekonomi kerakyatan," tuturnya.

Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia siap memperjuangkan busana kebanggaan Indonesia ke Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO) agar dapat dikenal seperti batik, yang kini menjadi warisan budaya asli Indonesia.

Ia pun mengusulkan penetapan hari berkebaya Nasional kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. "Selain itu, diharapkan pemerintah akan menetapkan salah satu tanggal sebagai Hari Kebaya Nasional," ujar Rahmi.

Perbanyak event yang mengusung nilai kebudaan asli Indonesia dengan mengikut sertakan kebaya agar semakin dikenal. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Hilmar Farid selaku Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Dengan demikian, masyarakat memiliki alasan untuk membiasakan diri mengenakan busana nasional," kata Hilmar. 

Senada dengan gagasan yang disampaikan Dirjen Kebudayaan,  desainer busana kenamaan, Musa Widyatmodjo mengatakan bahwa Indonesia memang memerlukan event yang kental akan kebudayaan,  salah satunya adalah kebaya.

"Saya punya mimpi ingin sekali ada pameran kebaya. Nanti ada foto dari kebaya sejarah, foto dari arsip Nasional, lukisan istana negara yang bernuansa kebaya, koleksi baju ibu negara, dan ada fashion show. Itu satu event yang harus dibangun," kata Musa.