Yakin Sudah Benar Pakai Skincare? Cek Dulu Yuk Tahapannya

Ilustrasi wanita mengaplikasikan krim wajah
Sumber :
  • Freepik/Nensuria

VIVA – Pakai skincare memang penting banget. Itu karena fungsinya untuk merawat kulit kamu agar tetap bersih, sehat, kenyal, cerah, enggak kusam, dan masih banyak lagi, tergantung produk yang kamu pakai karena memiliki fungsi berbeda-beda.

Tapi masalahnya memilih skincare yang cocok itu gampang-gampang susah. Kadang, kita harus mencoba beragam jenis skincare untuk menemukan mana yang paling tepat untuk menjawab kebutuhan kulit kita.

Mungkin ada beberapa orang yang tidak masalah jika mencoba berbagai jenis skincare. Tapi, buat kamu yang punya kulit sensitif, ini bisa jadi masalah besar. Salah memakai produk, bisa membuat kulit jadi breakout alias jerawatan parah.

Lalu, bagaimana solusinya? spesialis kulit dan kelamin, dr. Hafiza Fikri Fadel Sp.KK, memberikan solusinya. Menurutnya, pemilik kulit sensitif harus lebih berhati-hati dalam memilih skincare.

"Kalau kulit kamu kering dan sensitif jangan gunakan dua produk yang kedua fungsinya exfoliating. Misalnya, retinol dan hydroxy acids karena itu too much untuk kulit kering dan sensitif. Tapi untuk kulit berminyak malah bagus," ujar Hafiza dalam acara peluncuran Wardah Renew You Series di Gandaria City Jakarta, Selasa 16 Juli 2019.

Setelah kamu mengetahui jenis dan kondisi kulit kamu, mulailah memilih skincare yang mengandung bahan aktif yang tepat untuk kebutuhan kulit. Nah, cara menggunakan skincare juga enggak boleh sembarangan. Hafiza memberikan tips cara memaksimalkan pemakaian produk kecantikan yang tepat.

1. Mencuci wajah

Cuci wajah kamu menggunakan facial foam supaya bersih dan untuk menghilangkan sisa-sisa makeup yang menempel di wajah kamu seharian.

2. Moisturizer

Untuk pemilik kulit kering, kamu bisa gunakan moisturizer untuk menghidrasi. Tapi pemilik kulit normal, bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

3. Gunakan serum

Ada berbagai serum yang bisa dipilih untuk memenuhi kebutuhan kulit kamu, mulai dari melembapkan, mencerahkan hingga mengatasi kerutan.

4. Pakai day/night cream

Beri jeda antarproduk sekitar 20 menit, gunanya untuk penyerapan dan adaptasi kulit. Namun, masing-masing produk memiliki jeda berbeda-beda sesuai dengan kandungannya, ada yang hanya harus menunggu jeda 2-3 menit saja untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Cream ini penting digunakan untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari di siang hari hingga menutrisi kulit. (ldp)