Cara Supaya Sinar Biru Saat Selfie Enggak Merusak Kulit

Ilustrasi wefie
Sumber :
  • dok. freepik

VIVA – Selfie dan wefie sudah jadi kebiasaan sehari-hari banyak wanita. Ditambah hobi men-share berbagai aktivitas kita, mulai dari kuliner sampai OOTD ke media sosial. Otomatis, kamera smartphone jadi 'sahabat' setiap hari.

Tapi sadarkah kamu? Di balik foto cantik yang diunggah ke media sosial, ternyata ada efek samping yang kurang oke untuk kulit. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh sebuah perusahaan kosmetik mengungkap, sinar biru dari smartphone bisa memicu penuaan dini. "Sinar biru bisa masuk ke bawah lapisan kulit dermis, lapisan paling dalam dari kulit. Di mana kolagen dan elastin diproduksi sehingga membuatnya lebih tipis dan lebih rapuh," kata dermatologis dari klinik Cadogan, Dr Susan Mayou, dikutip dari laman The Sun.

Tapi, bukan berarti kamu harus stop selfie demi menghindari kerusakan kulit dari efek sinar biru smartphone. Untuk menghindari efek negatifnya, aplikasikan vitamin C yang mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas dari gaya hidup modern.

Pasti semua pengin hasil foto yang flawless, dengan kulit yang terlihat segar dan mulus meski tanpa filter. Selain perawatan kulit, memilih kosmetik yang tepat juga enggak kalah penting. Nah, untuk itu, no makeup, makeup look jadi pilihan pas untuk pecinta selfie. Gaya riasan itu bisa membuat wajah terlihat fresh dan glowing.

Untuk beauty enthusiast bisa mencoba koleksi 'PhotoReady Candid' dari Revlon. Terdiri dari  foundation, concealer dan setting powder yang bisa jadi base untuk makeup natural.

"Tren makeup 'Makeup No Makeup' masih sangat mendominasi industri kecantikan di Tanah Air dan menjadi preferensi para pecinta makeup di dunia, termasuk Indonesia," kata Muhammad Irvan, Deputy Brand Manager Revlon Indonesia saat dijumpai di Jakarta Selatan, Rabu,  17 Juli 2019.

Irvan menjelaskan Revlon 'PhotoReady Candid' memiliki konsep clean beauty, di mana hanya menggunakan bahan-bahan yang dibutuhkan kulit serta formula ringan yang dapat melembapkan. Selain itu, ada kandungan anti blue light yang mampu melindungi kulit dari paparan blue light dari sinar matahari dan juga layar gadget.

"Revlon PhotoReady Candid pun mengandung anti-Blue Light yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan berbahaya sinar matahari dan layar perangkat digital, di mana bisa menyebabkan stres pada kulit," kata Irvan.

Paparan sinar matahari dan blue light yang berlebihan bisa menyebabkan kulit menjadi stres. Sehingga timbul masalah kulit seperti garis halus, kerutan serta warna kulit tak merata.