Belanja Online Untung Maksimal, Begini Tipsnya

Ilustrasi belanja online
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Semakin hari, transaksi apapun yang dilakukan lewat online semain mudah, termasuk juga melakukan aktivitas transaksi perbankan. Lewat transaksi e-banking, bertransaksi apa saja bisa dilakukan tanpa perlu repot-repot pergi ke ATM. Saking mudahnya, layanan ini kadang membuat Anda lupa diri dan belanja tanpa perhitungan di online shop.

Godaan online shop memang tak bisa dihindari. Ada banyak diskon dan kemudahan transaksi yang ada di sana. Namun, Anda harus pintar menyiasati agar belanja online tidak bikin kantong Anda jebol.

Dikutip dari Buku Saku Ibu Bijak, Rabu 24 Juli 2019, berikut beberapa tips agar Anda bisa tetap belanja online, namun tak bikin tabungan kosong.

Alokasikan dana khusus

Jangan terpengaruh diskon besar di toko online lalu kalap belanja. Tentukan batas maksimal untuk belanja online dan barang apa yang benar-benar diperlukan. Dengan budgeting, Anda akan tahu berapa uang yang bisa digunakan untuk belanja dan mana yang harus disimpan untuk ditabung.

Pilih pembayaran yang tepat

Ada online shop yang memberikan diskon khusus untuk bank tertentu. Manfaatkan hal ini untuk mendapatkan diskon lebih dan tentu saja menghemat pengeluaran. Ada banyak voucher diskon juga yang bertebaran di media sosial atau website. Perhatikan juga pembayarannya, apakah bisa menggunakan voucher atau tidak.

Set e-banking untuk transaksi tertentu

Beberapa bank menyediakan layanan blokir untuk transaksi di luar yang sudah disepakati antara nasabah dan bank. Dengan layanan ini, Anda akan perlu waktu untuk membayar barang online dan bisa jadi membuat hasrat belanja Anda jadi berkurang.

Belanja bareng teman

Harga barang online kebanyakan lebih murah dibanding offline. Namun, jika ongkos kirimnya tinggi, tentu akan sama saja bukan? Untuk menghemat, ajaklah teman atau saudara untuk belanja online bersama agar ongkos kirimnya bisa dibagi. (nda)