Minum Banyak Air Bisa Bantu Lembapkan Kulit Kering, Mitos atau Fakta?

Minum air putih.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Memberikan cairan tubuh yang cukup adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan. Air dapat mengeluarkan racun dari tubuh, melumasi sendi, membantu meringankan sembelit dan memberikan Anda energi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Ada anjuran, minum setidaknya 2 liter air setiap hari agar tetap bugar. Bahkan, ada anggapan bahwa air sangat penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan bercahaya. Benarkah?

Dilansir dari Times of India, memang benar hidrasi penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, tetapi masih belum jelas apakah air yang Anda minum dapat membantu kulit menjadi kenyal dan bercahaya.

Seperti diketahui, kulit terdiri dari tiga lapisan, lapisan luar (epidermis), kulit di bawahnya (dermis), dan jaringan subkutan. Jika air yang terdapat di lapisan kulit paling luar tidak dalam jumlah cukup, kulit akan kehilangan elastisitas dan terasa kasar. Meskipun demikian, tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa minum air putih akan melembapkan kulit Anda.

Sebuah tinjauan dari Clinics in Dermatology mengungkapkan bahwa hanya ada satu studi yang menyoroti manfaat asupan air jangka panjang pada kesehatan kulit. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Missouri-Columbia menunjukkan bahwa minum 500 mililiter air dapat meningkatkan aliran darah ke kulit, tetapi tidak dapat membuktikan kaitan apapun dengan penampilan kulit.

Hidrasi kulit lebih tergantung pada kemampuan kulit Anda untuk menahan air. Kulit dihidrasi melalui salah satu dari dua cara, baik dengan produksi minyak alami kulit atau krim atau lotion yang dioleskan. Makanan juga memainkan peran penting untuk menjaga kulit Anda tetap lembut dan kenyal. Tak hanya itu, menambahkan  lemak sehat dan batasi asupan karbohidrat untuk mencegah penguapan air dari permukaan kulit Anda juga penting dilakukan.

Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa minum banyak air mungkin hanya baik untuk organ dalam Anda. Hormon, genetik, gaya hidup, makanan, olahraga rutin, dan pemilihan produk perawatan kulit, adalah beberapa hal yang dapat memengaruhi kulit Anda.

Jadi, dapat dikatakan bahwa minum air yang cukup mungkin penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, tetapi bukan jawaban untuk semua masalah yang berkaitan dengan kulit.

Agar tak salah pemahaman, beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga hidrasi kulit antara lain:

1. Kurangi paparan terhadap panas matahari
2. Jangan gunakan air panas untuk mencuci muka atau mandi
3. Gunakan pembersih ringan daripada sabun
4. Hindari produk perawatan kulit yang mengandung alkohol
5. Gunakan pelembap setelah mandi atau mencuci tangan
6. Pakai sarung tangan saat keluar rumah dalam cuaca dingin. (zho)