Halo
Pembaca

Berita

Bola

Sport

Otomotif

Digital

Showbiz

Gaya Hidup

in-depth

Lintas

Blog

Informasi

Minggu, 4 Agustus 2019 | 09:17 WIB

Hilangkan Bekas Jerawat dengan Krim, Memangnya Bisa?

Team VIVA »
Jujuk Ernawati
Bimo Aria
Foto :
  • Freepik/Tongpatong
Ilustrasi bekas jerawat

VIVA – Memiliki jerawat di wajah menjadi masalah kulit paling umum yang dihadapi banyak orang. Dan meski jerawat telah hilang, seringkali muncul acne scars atau luka bekas jerawat

Dokter Spesialis Kulit Kelamin Skinda Clinic,  dr. Sammy Yahya, Sp.KK di Skinda mengatakan bahwa bekas jerawat dapat cekung, menimbul, atau sama rata dengan permukaan kulit normal. "Hal tersebut berkaitan dengan bertambah atau berkurangnya kolagen pada fase penyembuhan luka pascajerawat," kata dia dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga

Sayangnya, lanjut Sammy, masih banyak mitos yang beredar di masyarakat tentang penanganan bekas jerawat ini. Hal tersebut, menurutnya, justru membuat luka bekas jerawat ini terkadang sulit hilang. Salah satunya yang menyebut bahwa luka bekas jerawat tidak bisa dihindari.

Hal ini menurutnya keliru. Luka bekas jerawat sangat bisa dihindari. Dengan pengobatan jerawat sedini mungkin, hal itu dapat memperbaiki dan mencegah timbulnya jaringan parut atau bekas jerawat yang lebih berat.

Terpopuler

Sementara mitos lainnya ialah luka bekas jerawat bisa dihilangkan dalam waktu singkat. Dia mengatakan, pengobatan bekas jerawat memerlukan waktu yang cukup lama seiring dengan fase penyembuhan luka yang diharapkan untuk memperbaiki bekas jerawat sesuai tipe.

"Dengan begitu, bekas jerawat memerlukan terapi secara intensif dan berkesinambungan demi mendapatkan hasil yang optimal dan permanen," ujar Sammy.

Sementara soal krim tertentu yang bisa dengan mudah menghilangkan bekas jerawat, menurut dia, hal ini juga suatu yang keliru. Pengobatan jerawat terbaik dengan menggunakan beberapa modalitas terapi, misalnya dengan terapi krim, chemical peeling, mikrodemabrasi, microneedling, maupun laser.

"Makanya tidak ada best treatment untuk setiap orang. Setiap individu memiliki variasi jenis scar jerawat yang berbeda sehingga pengobatan dapat berbeda antar individu," ucapnya.

Penanganan scar jerawat yang tepat, yaitu dengan melakukan  berbagai kombinasi terapi. Sehingga semua aspek perawatan bekas jerawat dapat diatasi dengan optimal dan sebaik-baiknya demi mendapatkan hasil klinis yang optimal dan permanen.

"Sekarang juga ada teknologi Secret RF dan Fraxis  yang bekerja pada lapisan epidermis dan dermis, sehingga bisa memperbaiki struktur kulit secara menyeluruh dan signifikan," kata Sammy.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Guncang The Voice Jerman, Siapa Claudia Emmanuela Santoso?
SHOWBIZ - sekitar 1 jam lalu