Lagi Ngetren, 10 Tahap Skincare Korea yang Bikin Kulit Kinclong

Perawatan kulit.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Dalam urusan perawatan kulit, Korea memang cewek banget. Banyak sekali produk skincare terkenal berasal dari Negeri Ginseng tersebut. Selain produk skincare, cara perawatan wajah mereka pun sangat populer dan digandrungi cewek-cewek.

Ya, wanita Korea memang terkenal memiliki kulit wajah yang cerah dan mulus. Jadi, enggak salah kalau banyak wanita Indonesia yang mendambakan bisa memiliki kulit mulus seperti mereka. Jadi, apapun skincare dan perawatan wajah yang mereka lakukan, bakal diikuti.

Nah, salah satu perawatan wajah yang lagi tren di sana adalah 10 Step Korean Skin Care Routine. Yaitu, sepuluh tahap penggunaan skincare ala Korea. Kira-kira apa saja ya? Rita Wijaya, Group Product Manager Skin & Hair L'Oreal Paris Indonesia, memberikan langkah-langkahnya buat kamu.

Pre-cleansing
Langkah pertama ini bertujuan untuk menghapus make-up yang menempel di wajah kamu. Biasanya, pembersih wajah yang digunakan pada tahap pertama ini bisa yang berbahan dasar minyak atau cleansing oil, cleansing wipes, atau cleansing cream. Tergantung kamu lebih suka memakai yang mana. Ketiganya diketahui mampu mengangkat make-up dan kotoran yang menempel di wajah.

Facial foam
Setelah make-up dibersihkan, langkah kedua, kamu bisa mencuci wajah dengan facial foam. Gunanya, membersihkan sisa kotoran pada wajah secara menyeluruh hingga ke pori-pori.

Exfoliating
Tahap ini tak kalah penting, karena exfoliating dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah, yang menyebabkan kulit kamu jadi kusam. Kamu bisa melakukan exfoliating 2 kali seminggu. Pastikan kamu memilih produk yang cocok untuk kulitmu untuk menghindari iritasi.

Toner
Toner mampu mempersiapkan kulit sebelum menerima produk perawatan lainnya. Wanita Korea lebih suka menuangkan toner ke telapak tangan kemudian ditepuk-tepuk ke area wajah. Namun, pengaplikasian dengan menggunakan kapas juga tidak salah.

Essence
Essence berfungsi untuk menutrisi kulit dan dapat membantu menjaga kelembapan sampai lapisan kulit terdalam. Selain itu, essence juga mampu menghidrasi kulit supaya lebih kenyal, dan membantu kinerja skincare berikutnya agar fungsinya lebih optimal.

Serum
Kandungan aktif dalam serum mampu merawat kulit kamu. Ada berbagai jenis serum, di antaranya menghilangkan noda bekas jerawat, anti penuaan, dan ada juga yang fungsinya untuk menghidrasi kulit. Jadi, pastikan kamu memilih serum yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Sheet mask
Di Korea, produk ini sangat digemari. Jadi, jangan heran kalau kamu bakal menemukan sheet mask dijual di mana-mana di Korea. Belakangan, sheet mask juga mulai tren di Indonesia, karena pengaplikasiannya yg mudah. Bentuknya yang menyesuaikan wajah, memudahkan kamu untuk memakainya. 

Masker ini diklaim sudah mengandung serum yang baik untuk kesehatan kulit wajah. Jika digunakan secara rutin, masker ini dapat melembapkan kulit wajah, membuat kulit terasa segar dan menutrisi kulit wajah dengan baik.

Eye cream
Area mata juga penting untuk mendapatkan perawatan. Penggunaan eye cream secara rutin dapat membantu menghilangkan kerutan dan warna gelap pada kulit sekitar mata.

Moisturizer
Moisturizer atau pelembap juga menjadi hal utama untuk menjaga kelembapan kulit. Gunakan moisturizer di pagi dan malam hari, di area wajah dan leher.

Tabir surya
Penggunaan tabir surya tentu sangat penting dalam rangkaian penggunaan skincare untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari. Baik di dalam maupun luar ruangan, kamu harus tetap menggunakan tabir surya. Gunakan tabir surya dengan SPF 15, untuk aktivitas di dalam ruangan, dan SPF 30-35 untuk aktivitas di luar ruangan. (ldp)