Bali Punya Bahan Andalan untuk Jadikan Kulit Cantik

Olahan oryza dan frangipani untuk kecantikan kulit.
Sumber :
  • VIVA/Diza Liane

VIVA – Menjaga kesehatan kulit bukan hanya untuk estetika saja. Kulit jadi pelindung terluar tubuh, makanya penting untuk menjaga kesehatannya.

Kesehatan kulit berpengaruh pada kebugaran tubuh secara keseluruhan. Nah, supaya kulit sehat memerlukan perawatan rutin dengan bahan-bahan yang tepat.

Beruntungnya tinggal di Indonesia, tersedia beragam bahan untuk perawatan kecantikan. Macam-macam flora yang sangat kaya dan tersebar di Tanah Air. Salah satunya Bali, pulau dewata dengan sejuta pesona memiliki banyak jenis flora.

Tanaman khas Bali memang beragam. Beberapa di antaranya memiliki wangi yang khas serta berfungsi menjaga kesehatan tubuh. Apa aja, sih?

Sudah kenal dengan bunga kamboja, kan? Tanamannya banyak ditemui di berbagai area di Bali. Nah, bunga kamboja di Bali ternyata berbeda, di mana aromanya sangat menyegarkan.

"Frangipani itu adalah bunga jepun Bali (kamboja). Ekstraknya dijadikan body lotion. Untuk kulit sensitif cocok karena bisa melembapkan kulit dan aromanya menyegarkan," ujar Karyawan Secret Garden Village Bali, Ni Luh Made Linda Septyadewi.

Enggak cuma bunga, Bali juga memiliki beras yang khas yang berbeda dari wilayah lainnya. Beras asal Bali ternyata berfungsi untuk melembutkan kulit, lho.

"Oryza atau beras bali ini wanginya seperti pandan dan efeknya bikin relaks. Ekstraknya bisa dipakai di body lotion untuk melembutkan kulit," paparnya.