Saatnya Pria Beralih ke Busana Ramah Lingkungan

Plaza Indonesia Men's Fashion Week 2019
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane

VIVA – Plaza Indonesia Men's Fashion Week (PIMFW) akan kembali dilangsungkan pada 23-27 September 2019 mendatang. Pagelaran yang menginjak satu dekade ini, PIMFW hadir dengan konsep Eco Age.

PIMFW yang ke-10 ini membawa tema Style iIt Up yang secara khusus menonjolkan kegiatan bertajuk gaya hidup pria masa kini. Namun, tren mode setiap tahunnya senantiasa berubah dan saat ini permintaan pria akan tren fesyen juga sangat tinggi termasuk pada konsep Eco Green.

Mengusung Eco Green, maka konsep Eco Age diambil untuk mengajak desainer-desainer terpilih guna menghadirkan koleksi busana pria ramah lingkungan. Koleksi eco age dibuat dengan proses ramah lingkungan.

Terlebih, saat ini di dunia mode didominasi hyper-consumption bahan busana yang berlebihan. Sehingga konsep eco age diharapkan bisa membuat sampah bekas bahan sisa lebih minimal.

"Tahun ini melalui PIMFW 2019 kami ingin menyebarkan awareness dimana koleksi busana pria diciptakan dengan konsep eco age dan proses pembuatan yang lebih ramah lingkungan dan juga bersifat economically sustainable," ujar Ria Juwita, Senior Manager Event & Promotions, and Creative Services Plaza Indonesia dalam konferensi pers di La Moda, Jakarta, Selasa 17 September 2019.

Berlangsung selama lima hari, koleksi-koleksi terbaru pakaian prianya, mulai dari ready-to-wear hingga tailoring akan memanjakan para pecinta fesyen. Konsep Eco Age akan ditampilkan pada hari keempat dan lima. Selain itu, koleksi tersebut menggunakan bahan dasar kain organik tencel.

"Bahan tencel terbuat dari serat kayu namun bahannya lembut dan nyaman untuk digunakan. Bahan tencel juga tak mudah luntur sehingga warnanya akan tetap menarik," lanjut Ria.

PIMFW 2019 menampilkan tren mode dan koleksi terbaru dari berbagai brand lokal dan internasional serta kolaborasi fashion designers ternama antara lain Alleira Batik x Rama Dauhan, Blibli.com x adriebasuki, Plaza Indonesia presents The Sartorial by Atham & The Beauty Tailor curated by The Folio & Luxina.id dan sepatu didukung oleh Mario Minardi, Marks & Spencer, (X).S.M.L, ESMOD JAKARTA, Parang Kencana, Alleira Batik, Leaf Official Store.

Dalam curated show pada tanggal 26 dan 27 September 2019, Plaza Indonesia berkolaborasi dengan Ease dan Tencel Indonesia akan menghadirkan koleksi pakaian eco green karya MORAL, no’mi by Soetjipto Hoeijaja, RIGIO, AMOTSYAMSURIMUDA, WILSEN WILLIM dan Danjyo Hiyoji.